Sukses

Health

7 Cara Merawat Kesehatan Mata dengan Kebiasaan Sederhana

Fimela.com, Jakarta Mata adalah salah satu indera yang berfungsi untuk melihat. Kesehatan mata harus dijaga dengan baik, agar terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan yang menyerang area mata. Karena mata adalah salah satu indera yang penting untuk manusia.

Semakin bertambahnya usia, sistem penglihatan akan semakin kabur. Apalagi jika sering melihat layar laptop, komputer atauĀ handphone. Sehingga kesehatan mata harus dijaga dengan baik.

Merawat kesehatan mata bisa dilakukan dengan sederhana. Sahabat Fimela bisa memulai dengan mengubah kebiasaan pola hidup menjadi lebih sehat. BerikutĀ cara merawat kesehatan mata yang dapat dilakukan:

Cara Merawat Kesehatan Mata

1. Periksa Secara Rutin

Cara merawat kesehatan mata yang pertama, yaitu dengan periksa kesehatan mata secara rutin. Periksa mata bisa dilakukan kurang lebih setiap 2 tahun sekali. Periksa mata ini bisa dilakukan oleh anak-anak hingga lansia.

Periksa mata secara rutin berfungsi untuk mendeteksi masalah pada mata sejak dini. Hal ini dilakukan agar terhindar dari rabun mata, katarak, glaukoma dan penyakit mata yang lainnya. Apalagi jika memiliki riwayat penyakit mata, maka harus segera diperiksakan kepada dokter untuk ditangani secara cepat dan tepat.

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Merawat kesehatan mata juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi. Makanan yang memiliki kandunganĀ vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, selenium dan asam lemak omega-3, sepertiĀ sayuran hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, buah beri, tomat, wortel dan jeruk.Ā Makanan yang bergizi iniĀ diperlukan untuk meningkatkan ketajaman penglihatan mata.

3. Mengonsumsi Vitamin Mata

Selain mengonsumsi makanan bergizi, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen atau vitamin mata secara rutin. Pilih vitamin yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin C dan omega-3. Saat mengonsumsi vitamin, ada baiknya untuk tetap mengonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari.

Cara Merawat Kesehatan Mata yang Selanjutnya

4. Kurangi Menatap Layar Gadget

Untuk menjaga kesehatan mata, sebaiknya kurangi dan batasi menatap layarĀ gadgetĀ atau laptop.Ā Selingi dengan melihat pemandangan atau melihat ke arah jauh sekitar 2 meter, selama 20 detik setiap 20 menit sekali. Kamu juga bisa memejamkan mata selama 15 menit setiap 2 jam sekali. Jangan lupa untuk tetap berkedip saat menatap layar.

5. GunakanĀ Kacamata UV

Tak hanya kulit saja yang harus dilindungi dari paparan sinar UV. Mata juga harus dilindungi dengan kacamata UV dan anti radiasi, agar terlindungi dari paparan sinar matahari maupun sinarĀ gadget.Ā Kacamata ini juga berfungsi untuk mencegah mata lelah, mata merah, penglihatan ganda, kepala pusing dan hilang fokus.

6. Gunakan Lensa Kontak yang Berkualitas

Kalau kamu menggunakan lensa kontak atauĀ softlens, pilihlah yang memiliki kualitas bagus agar tidak merusak mata. PenggunaanĀ softlensĀ sebaiknya tidak lebih dari 19 jam. Gunakan lensa kontak yang tidak mudah kering dan rawatlah dengan bersih, karena lensa kontak sangat mudah kotor dan mengiritasi mata.

Cara Merawat Kesehatan Mata yang Terakhir

7. Gunakan Eye Cream

Terlalu lama menatap layar komputer bisa membuat mata lelah, mata bengkak dan kantong mata membesar. Kamu bisa menggunakanĀ eye creamĀ di malam hari sebelum tidur, untuk melancarkan peredaran di area mata, mengurangi mata sembap, memberikan efek relaksasi di sekitar mata dan mencerahkan kantong mata. Jangan lupa untuk mengaplikasikanĀ eye creamĀ dengan memijat ringan di area mata.

8. Tidur dengan Cukup

Menjaga kesehatan mata juga harus dilakukan dengan tidur dengan cukup, yaitu tidur selama 8 jam tidak lebih dari jam 10 malam. Tidur cukup bisa membantu mengistirahatkan mata dan otak, agar otot yang ada di sekitar mata tidak tegang dan pikiran kembali fokus.

9. Olahraga

Cara merawat kesehatan mata yang terakhir, yaitu dengan rutin melakukan olahraga. Penyakit mata bisa disebabkan karenaĀ tekanan darah tinggi, diabetes dan kadar kolesterol yang tinggi. Untuk itu, olahraga dengan intensitas sedang seperti lari, jalan santai, bersepeda, senam dan yoga, bisa membantu menguatkan sistem imunitas tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, saat berolahraga di luar ruangan, bisa membantu melatih penglihatan mata agar lebih tajam dan fokus.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading