Sukses

Health

Mulut Terasa Kering saat Terbangun Malam Hari, Apa Penyebabnya?

Fimela.com, Jakarta Saat terbangun dari tidur, terutama pada malam hari, biasanya seseorang mengalami kondisi mulut dan tenggorokan yang terasa kering. Kondisi yang sering terjadi terutama pada malam hari ini merupakan sebuah hal biasa. Mulut kering cukup umum terjadi dan lebih sering ditemukan pada orang yang tidur dengan mulut terbuka.

Terjadinya mulut kering biasa dikenal dengan xerostomia. Biasanya, mulut kering terjadi akibat produksi liur yang sedikit di dalam mulut. Namun, kekurangan air liur juga merupakan gejala atau efek samping dari masalah kesehatan lain.

Sejumlah kondisi kesehatan tertentu bisa menjadi kemungkinan dari pemicu munculnya masalah mulut kering. Berikut beberapa penyebabnya yang Fimela rangkum dari merdeka.com, Kamis (21/10/2021).

Dehidrasi

Seringkali, mulut kering dikatakan sebagai indikasi dari kurangnya cairan di dalam tubuh. Ketika mengalami dehidrasi, maka tubuh akan kekurangan cairan dalam memproduksi air liur yang berupa cairan. Umumnya, kondisi ini terjadi ketika kurangnya air minum sebelum tidur. Jika minum air yang cukup sebelum tidur, kondisi dehidrasi ini kecil kemungkinan untuk terjadi.

Bernapas Lewat Mulut: Tidur dengan Mulut Terbuka

Ketika bernapas menggunakan mulut saat tidur bisa menyebabkan mulut jadi terbuka dan membuat mulut akan kering saat tertidur. Frank A. Scannapieco, DMD, PhD, pakar periodensia dan mikrobiologis dari University at Buffalo School of Dental Medicine mengatakan, “Ketika kamu tidur dengan mulut terbuka, jaringan mulut akan mengering terutama pada jaringan yang dekat dengan bibir,” tuturnya.

Kebiasaan tidur dengan mulut terbuka ini kerap dilakukan akibat hidung mampet. Secara alami, seseorang yang mengalami kondisi tersebut akan bernapas melalui mulut agar memenuhi pasokan oksigen dalam tubuh.

Gangguan Tidur: Sleep Anea

Sebagian orang yang tidur dengan mendengkur dan mengalami mulut kering setiap hari, biasanya mengalami gangguan berupa apnea tidur. Kondisi ini biasanya dikenal dengan napas yang tidak normal selama tidur. Hal ini biasanya dialami dengan gangguan pernapasan yang mendengkur dengan keras dan sering kehilangan napas saat tidur. Biasanya, jika mengalami kondisi ini akan bernapas menggunakan mulut dan akan membuat mulut menjadi kering.

Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Beberapa obat yang dikonsumsi juga dapat menyebabkan kondisi mulut kering akibat obat-obatan mengurangi produksi air liur dalam mulut. “Banyak obat-obatan yang mengganggu sistem saraf pusat atau sel kelenjar air liur sehingga mengurangi produksinya,” terang dr. Sannapieco.

Ia mengatakan obat-obatan yang digunakan biasanya untuk pengobatan Depresi serta diare yang cenderung membuat mulut kering. Obat-obatan jenis antihistamin, dekogestan dan obat Pereda nyeri otot juga bisa menyebabkan kondisi mulut kering.

Konsumsi Alkohol atau Kafein

Sebelum tidur, mengonsumsi alkohol atau kafein bisa memicu timbulnya masalah mulut kering. Hal ini disebabkan kafein dan alkohol dapat memicu munculnya dehidrasi. Tentunya, jika menghindari konsumsi alkohol dan kafein bisa membuatmu terhindar dari gangguan tidur yang muncul.

Itulah sejumlah penyebab dari mulut kering saat terbangun pada malam hari. Coba diperhatikan, apa penyebab Sahabat Fimela merasakan kondisi ini?

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
11 Makanan yang Justru Memperburuk Demam dan Pilek
Artikel Selanjutnya
3 Cara Proteksi Kesehatan di Masa Pandemi