Sukses

Health

7 Cara Terbaik Melampiaskan Emosi Secara Positif

Fimela.com, Jakarta Sudah berusaha untuk bersabar, tetapi ada saja hal yang bikin emosi bubar? Itu wajar, karena setiap orang pasti pernah merasa kesal. Tapi apakah kamu ingin menjadi sosok pemarah di mata semua orang? Jika tidak, coba terapkan sekian cara ini agar bisa melampiaskan emosi secara positif.

1. Minum air

Emosi akan mudah mereda jika kamu "mengguyur" dirimu dengan minum air dingin. Duduk sambil minum segelas air dingin uniknya mampu meredakan amarah dan membuat pikiranmu jadi lebih adem.

2. Atur napas

Meditasi dan yoga seringkali menjadi cara efektif melepaskan amarah dan stres. Cara ini juga efektif dilakukan jika ingin melampiaskan emosi namun dengan cara yang tak akan menyakiti siapa pun.

3. Tidur

Langkah berikutnya adalah tidur. Biarkan emosi terbawa oleh mimpi dan terbang meninggalkanmu. Seringkali tidur akan membantu merelaksasi tubuh dan pikiran dari emosi negatif. Rasanya akan jauh lebih lega dan rileks setelah kamu bangun tidur.

4. Curhat

Ceritakan pada sahabat atau orang terpercaya mengenai masalah yang kamu alami. Sebaiknya pilih sosok yang netral yang bisa menjadi pendengar yang baik dan tak malah membuatmu semakin emosi. Terkadang kamu tak butuh orang yang bisa mencarikan solusi, tapi orang yang mau mendengarkan.

5. Menulis

Ambil selembar kertas dan pena, tulislah secara manual dengan tangan apa yang ingin kamu katakan. Tuangkan segala emosimu di atas ekrtas dan itu seringkali lebih baik ketimbang menceritakannya kepada orang lain, apalagi terkadang ada hal-hal yang tidak seharusnya diketahui orang lain.

6. Olahraga

Pilih olahraga atau latihan fisik yang kamu sukai dan mampu menguras energi. Seringkali amarah memicu adrenalin dan membuatmu ingin melakukan sesuatu dengan keras secara fisik. Olahraga seperti berlari, meninju samsak, dan aerobik sangat baik untuk melepaskan emosi negatif. Apalagi olaharga secara otomatis akan memproduksi hormon endorphin lebih banyak, sehingga kamu jadi lebih rileks dan bahagia.

7. Berdoa

Dengan keyakinan yang kamu miliki, cara paling mudah mengatasi emosi adalah dengan berdoa. Mungkin kamu bisa menangis berserah diri kepada Tuhan agar merasa lebih tenang. Seketika emosi seperti terlepaskan dan kamu akan menjadi lebih ikhlas ketimbang marah.

Terapkan sekian cara itu ketika marah Sahabat Fimela, dan sekarang kembalilah tersenyum agar dirimu tak kehilangan kecantikanmu.

#ElevateWoman with Fimela

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Dinamika Era Masyarakat 5.0, Peran Psikolog Klinis Turut Berubah Demi Kesejahteraan Jiwa Masyarakat
Artikel Selanjutnya
Memanfaatkan Bahan Alami Terbaru untuk Menjaga Kesehatan Tubuh dan Mental