Sukses

Health

7 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur, Bisa Cegah Insomnia Kronis

Fimela.com, Jakarta Mengonsumsi minuman sebelum tidur menjadi hal yang perlu diperhatikan. Pasalnya, salah memilih minuman sebelum tidur bisa berdampak pada kondisi tidur seseorang. Namun, hal ini kerap dikesampingkan bagi sebagian orang. Salah satu minuman yang dianggap sangat cocok untuk dikonsumsi sebelum tidur adalah susu.

Ternyata, minum segelas susu sebelum tidur dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Selain itu, kebiasaan minum susu ini memiliki banyak manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh karena terdapat kandungan tritofan dan melatonin yang ada di dalamnya.

Minum susu sebelum tidur disarankan bagi Sahabat Fimela yang memiliki masalah tidur di malam hari. Terjadinya masalah ini tentu dapat berpengaruh pada hari berikutnya baik secara kesehatan, mental, maupun produktivitas kerja. Dengan begitu, ketahui sejumlah manfaat dari minum susu sebelum tidur yang telah Fimela rangkum dari merdeka.com, Rabu (3/11/2021).

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Susu memiliki kandungan asam amino berupa tritofan yang dapat memecah protein dalam tubuh. Saat dikonsumsi, tubuh akan menggunakan tritofan dalam menciptakan enzim seperti serotonin dan letanonin yang baik bagi mood dan mempengaruhi siklus tidur. Dengan demikian, ini berdampak sangat baik terhadap kualitas tidur terutama untuk sebagian orang yang memiliki masalah tidur.

2. Mempermudah Tidur

Segelas susu, khususnya yang hangat dapat membantu seseorang tidur lebih cepat. Susu hangat bisa meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh termasuk kaki dan tangan. Maka, tubuh memiliki temperatur yang ideal guna kualitas tidur yang lebih baik.

3. Mengurangi Kecemasan

Terdapat penelitian yang mengungkap bahwa minum susu di malam hari memiliki manfaat luar biasa saat tidur serta dapat menghilangkan masalah kecemasan dibanding saat mengonsumsinya di siang hari. Jika mengonsumsi susu malam hari dapat menenangkan sistem saraf tubuh sehingga menurunkan kecemasan dan membuat tidur lebih baik. Tak hanya itu, kandungan tritofan pada susu pun dapat membantu mengurangi rasa cemas yang mungkin dialami tubuh.

4. Melemaskan Otot

Menurut penelitian, susu memiliki kandungan yang dapat membantu otot menjadi lemas. Saat otot menjadi lebih santai dan lemas, hormon stres yaitu kortisol di dalam tubuh dapat menurun sehingga pikiran menjadi tenang dan siap untuk tidur.

5. Mengatasi Masalah Sulit Tidur

Cara mengatasi masalah sulit tidur terutama pada lansia adalah dengan kombinasi antara olahraga dan minum susu. Seiring bertambahnya usia, tingkat melatonin serta serotonin dalam tubuh terus berkurang sehingga lebih sulit tidur. Umumnya, kondisi ini terjadi pada lansia yang dapat berujung mengalami masalah tidur seperti insomnia. Susu pun dapat membantu masalah ini, sebab adanya kandungan tritofan yang dapat membantu tidur secara lebih mudah.

6. Mencegah Insomnia Kronis

Salah satu masalah tidur yang paling umum dialami seseorang adalah insomnia. Menurut penelitian, makanan seperti susu dapat membantu tidur lebih cepat karena kandungan kasium, potassium dan melatonin di dalamnya. Sejumlah senyawa ini sangat ideal dalam membantu seseorang cepat tertidur dan mencegah masalah insomnia.

7. Mengatur Siklus Tidur

Sejumlah minuman seperti susu dan produk olahannya memiliki manfaat dalam mengatur siklus tidur dan sirkadia seseorang, di mana susu mengandung bahan-bahan yang dapat mencegah masalah tidur. Kandungan antioksidan dalam susu seperti selenium, kalsium dan magnesium inilah yang dapat membuat seseorang tidur lebih cepat.

Sahabat Fimela jangan lupa untuk mengonsumsi susu sebelum tidur agar mendapat sejumlah manfaat seperti diatas, ya!

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Cara Proteksi Kesehatan di Masa Pandemi
Artikel Selanjutnya
5 Tips Penting Menjaga Tubuh Tetap Sehat di Masa Transisi Mulai Bekerja ke Kantor