Sukses

Health

Peringati Hari Diabetes Sedunia, Cut Memey Mengajak Masyarakat untuk Cegah Diabetes dengan Berolahraga

Fimela.com, Jakarta Diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit tidak menularyang menjadi ancaman bagi kesehatan masyarakat. Meningkatnya jumlah penderita diabetes setiap tahun menjadi perhatian Cut Memey.

Cut Memey, artis sekaligus Brand Ambassador STRONG NationTM, merasa perlu untuk memberikan edukasi tentang hidup lebih sehat dan olahraga rutin sebagai kunci pencegahan diabetes.

Menurut International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2019, Indonesia menempati urutan ke tujuh dari sepuluh negara penderita diabetes terbanyak di dunia, dengan total 10,7 juta orang.

Jumlah penderita diabetes diprediksi mencapai 13,7 juta orang pada tahun 2030, danakan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Kehidupan yang sibuk membuat banyakorang jarang berolahraga, kurang tidur, dan bergantung pada makanan olahan.

“Keadaan masyarakat ini membuat saya khawatir, sehingga membuat saya tergerak untuk mengajak orang-orang kembali menjalani hidup sehat. Hal ini dimulai dengan menerapkan pola makan seimbang, seperti mengurangi karbohidrat dan makanan tinggi gula, serta memperbanyak sayuran dan rutin berolahraga. Tujuannya adalah fokus pada kesehatan tubuh, sehingga bisa lebih konsisten.” ujar Cut Memey.

Penelitian baru dari University of Turku, Finlandia, mengungkapkan bahwa latihan intervalintensitas tinggi (HIIT) meningkatkan metabolisme glukosa pada otot dan sensitivitas insulin pada diabetes tipe 2. Setelah peserta mengikuti latihan HIIT selama dua minggu, penyerapan glukosa pada otot paha mereka kembali ke tingkat normal.

Oleh karena itu, latihan HIIT adalah pilihan yang baik untuk mengatasi dan mencegah diabetes jika dibandingkan dengan olahraga biasa yang membutuhkan lebih banyak waktu tetapi intensitasnya lebih rendah.

Dr Umar Nur Rachman Sp.PD, Spesialis Penyakit Dalam, menjelaskan, olahraga dengan intensitas tinggi bisa menjadi cara yang efektif untuk mencegah diabetes. Diabetes disebabkan oleh penumpukan gula dalam darah dan gangguan metabolisme, oleh karena itu olahraga yang melibatkan seluruh tubuh ini dapat membakar kalori lebih cepat dan menurunkan kadar lemakjika dilakukan secara rutin.

"Tentu saja, konsistensi dalam melakukan olahraga ini penting agarotot dapat diperkuat dalam jangka panjang, tetapi tujuan utamanya adalah menurunkan beratbadan berlebih dengan lebih aktif bergerak dan memilih makanan yang lebih sehat," ujarnya.

Latihan intensitas tinggi yang efektif

STRONG NationTM merupakan latihan intensitas tinggi yang efektif, selain untuk menurunkan berat badan, juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan tekanan darah, serta dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Terinspirasi dari seni bela diri, HIIT, olahraga, dan latihan fungsional mampu memaksimalkan setiap gerakan untuk membakar lebih banyak kalori dan menambah massa otot.

“STRONG NationTM adalah olahraga alternatif bagi orang sibuk karena ada pilihan program 30,45, dan 60 menit. Sejak berlatih dengan program ini, saya menjadi lebih sehat. Dulu sayamenilai kondisi tubuh yang sehat dari berat badan. Hal itu ternyata salah, karena seharusnyadilihat dari Lean Body Mass. Semenjak itu, saya fokus untuk mengurangi jumlah total lemak yang disimpan oleh tubuh dan membangun otot yang lebih kuat. Hasilnya, keluhan saya berkurang dan menjadi lebih produktif,” tambah Cut Memey.

Kurang aktif beraktivitas fisik dapat menyebabkan seseorang lebih mudah terkena diabetes. Selain obesitas, otot yang jarang digunakan mempengaruhi kemampuannya untuk menyimpan glukosa, menyebabkan tubuh memproduksi insulin berlebih dan terjadi penumpukan lemak.

“Pilihlah olahraga yang cocok, apa pun itu, dan lakukan secara konsisten. Menerapkan pola makan yang membatasi gula dan karbohidrat olahan, dan berolahraga secara teratur adalah cara terbaik untuk membantu mencegah diabetes," tutup Cut Memey.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading