Sukses

Health

Yuk, Berolahraga Aerobik untuk Mendapatkan Manfaat Ini!

Fimela.com, Jakarta Bagi yang belum terbiasa berolahraga, untuk mulai menggerakkan badan mungkin akan terasa berat. Namun, jika tidak dimulai maka sampai kapan pun kita tak akan tergerak untuk bisa membangun kebiasaan olahraga yang sehat. Salah satu jenis olahraga yang cukup mudah dilakukan dan punya manfaat luar biasa adalah aerobik.

Olahraga aerobik bisa membuat pikiran terasa lebih segar. Mengutip buku Hello, Habits, John Ratey yang merupakan seorang guru besar psikiatri dari Harvad Medical School menjelaskan bahwa olahraga bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi otak. Dalam buku yang ia tulis, Spark: The Revolutionary New Science of Exercise and the Brain, ia mengemukakan secara gamblang bahwa olahraga membuat kita merasa segar kembali karena darah terpompa, menyebabkan otak melakukan fungsinya yang terbaik.

Aerobik Dapat Mengembangkan Neuron

Aerobik dapat mengembangkan neuron, dan karena inilah seseorang akan merasa pikirannya segar kembali setelah berolahraga aerobik. Penjelasan lengkapnya begini, ada kelompok protein di dalam otak yang disebut faktor. Dan faktor neurotrofik yang berasal dari otak ini (BNDF, Brain-Derived Neurotrophic Factor) meningkat selama kita melakukan olahraga aerobik.

Ketika BNDF ini terpercik ke neuron, protein tersebut memunculkan cabang-cabang baru. Bayangkan, neuron adalah pepohonan yang memiliki sinaps di bagian ujung cabang sebagai pengganti daun. Sinaps akan bertambah banyak saat cabang baru terbentuk. Lalu apa dampaknya? Dampaknya adalah hubungan di antara semua sinaps itu akan semakin kuat. BNDF ini ibarat pupuk untuk otak.

Olahraga aerobik bisa bantu mengembangkan neuron. Hal inilah yang bisa menghadirkan pikiran yang terasa segar kembali setiap kali selesai berolahraga. Untuk bisa merasakan manfaatnya langsung, maka inilah saatnya untuk mulai berolahraga aerobik. Yuk, jaga kesehatan dengan membangun kebiasaan berolahraga yang lebih rutin lagi.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading