Sukses

Peringatan Konten!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Health

6 Alasan Kondom Bisa Sobek saat Bercinta

Fimela.com, Jakarta Salah satu alat kontrasepsi yang paling umum dikenal masyarakat mungkin adalah kondom. Benda berbahan elastis ini memiliki tingkat efektivitas mencegah kehamilan yang cukup besar. Bukan hanya lebih mudah didapat, harganya juga relatif murah.

Karena merupakan alat kontrasepsi yang dipakai di luar tubuh, pemakaian kondom juga sebaiknya diperhatikan karena bagaimana pun kondom memiliki risiko sobek. Tapi apa sebenarnya penyebab kondom bisa sobek? Dilansir dari Popsugar, ini sekian alasannya.

1. Kedaluwarsa

Kondom yang sudah melewati waktu layak pakai harus segera dibuang. Bukan hanya bahannya menjadi lebih rapuh namun dikhawatirkan juga bisa menyebabkan masalah kesehatan pada organ intim akibat bahan kimia yang dikandungnya. Pastikan membaca tanggal kedaluwarsa pada kemasan kondom sebelum memakainya.

2. Masalah penyimpanan

Kondom sebaiknya tidak disimpan di tempat yang rentan mengalami suhu panas karena panas bisa merusak kondom lateks. Simpan di lemari obat atau rak penyimpanan yang dekat dengan tempat tidur atau memiliki suhu sejuk dan kering.

3. Kurangnya pelumasan

Karena kondom akan mengalami banyak gesekan saat berhubungan intim, secara otomatis ini akan mengikis bahan kondom itu sendiri. Jika organ intim dalam keadaan kering atau pelumasan kurang, kondom akan rentan sobek. Jadi pastikan organ intim dalam keadaan basah dan siap saat bercinta.

4. Pelumas yang salah

Jangan asal menggunakan pelumas, apalagi untuk kondom lateks, sebaiknya tidak menggunakan pelumas berbahan dasar minyak. Gunakan pelumas berbahan dasar air. Bahan minyak pada pelumas mampu menipiskan lateks dan merobeknya.

5. Ukuran yang salah

Meskipun elastis, tapi kondom juga memiliki ukuran. Ukuran kondom yang kekecilan bisa membuatnya robek, jika terlalu besar bisa terlepas. Jadi pastikan kondom tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Hal ini terkadang juga butuh eksperimen untuk menemukan makan ukuran kondom yang tepat untuk pasangan.

6. Terlalu banyak gesekan

Jika terlalu banyak gesekan, kondom juga perlahan bisa robek. Aktivitas seksual setiap orang bisa sangat berbeda, dan ada kalanya gesekan yang terlalu lama dan kuat mampu memberikan tekanan lebih besar pada kondom sehingga perlahan bahannya tertarik dan menipis.

Jika Sahabat Fimela termasuk yang suka menggunakan alat kontrasepsi kondom untuk bercinta, pastikan memperhatikan sekian hal di atas agar tak mengalami kondom sobek ya.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading