Sukses

Health

Robby Purba Alami Tumor Payudara, Kenali Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya pada Pria

Fimela.com, Jakarta Robby Purba Alami Tumor Payudara, Kenali Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya pada Pria. Robby Purba tengah menjalani perawatan di rumah sakit Siloam Jakarta akibat tumor payudara yang dideritanya. Ia juga mulai merasakan gejalanya sejak 9 bulan lalu. 

Seperti yang diketahui, tumor payudara memang umumnya dialami oleh kaum perempuan. Tapi, tumor ini juga bisa dialami oleh kaum pria, meskipun kasusnya bisa dibilang sedikit. Tumor payudara pada pria bisa dialami oleh usia berapapun. Dan penyebabnya juga cukup banyak, selain faktor genetis. 

Gejala yang harus diwaspadai: 

Gejala tumor payudara pada pria mirip dengan perempuan, yaitu: 

  • Munculnya benjolan di payudara, bisa di bawah puting atau di aerola. Benjolan yang muncul terasa kenyal, tidak bergerak, dan terkadang tidak menimbulkan rasa sakit.

Gejala tumor payudara pada pria

  • Puting payudara tertarik ke dalam.

       • Keluarnya cairan dari puting.

       • Mengeras dan membengkaknya puting atau area sekitar puting, bisa juga disertai perubahan warna puting menjadi lebih merah.

       • Munculnya ruam atau luka di sekitar puting yang tidak kunjung sembuh. 

Pengobata tumor payudara pada laki-laki: 

Untuk mengatasinya juga tak jauh dari yang dialami oleh perempuan. Biasanya, dokter akan menjalani pemeriksaan fisik terutama daerah payudara, dada, dan ketiak. Setelah itu, pemeriksaan dilakukan dimulai dengan mamografi, dan biopsi, untuk memastikan diagnosa.

Metode penanganan

1. Operasi 

Operasi dilakukan untuk mengangkat jaringan tumor.

2. Radioterapi 

Radioterapi menggunakan sinar-X yang berguna untuk membunuh sel tumor atau kanker yang masih tersisa di payudara, otot dada, dan ketiak. 

3. Kemoterapi

Kemoterapi dilakukan dengan memberikan obat-obatan antikanker, baik dalam bentuk tablet maupun suntikan. Kemoterapi bertujuan untuk membunuh sel-sel kanker payudara.

 Gejala dari kanker payudara pada pria kerap kali tidak disadari, sehingga sering tidak terdiagnosis di awal kemunculannya. Oleh karena itu, Sahabat Fimela harus lebih peka terhadap keluhan atau perubahan yang terjadi pada payudara Anda, agar kanker payudara dapat terdeteksi sedini mungkin. 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading