Sukses

Health

5 Hal yang Menyebabkan Pikiran Kosong dan Sering Melamun

Fimela.com, Jakarta Mungkin kamu sering mengalami kekosongan pikiran yang terjadi secara tiba-tiba. Tiba-tiba saja pikiran menjadi blank, linglung dan seketika kamu tidak tahu apa yang harus dilakukan. Ternyata, kekosangan pikiran ini bukan hal yang terjadi secara tiba-tiba dan ada penyebabnya.

Mau tahu apa saja yang menyebabkan kekosangan pikiran? Simak ulasannya di sini!

1. Menghadapi perubahan mendadak

Perubahan yang terjadi secara mendadak juga bisa menyebabkan pikiran jadi kosong. Misalnya dalam pekerjaan, saat ada perubahan kamu dipaksa untuk beradaprasi dan berpikir denga cara yang baru. Situasi seperti ini kerap membuat pikiran seseorang terasa kosong dan bingung.

2. Merasa cemas

Kecemasan berlebih juga bisa memicu pikiran yang hampa dan kosong. Ketika cemas, tubuh akan memproduksi hormon stres, yang membuat otak tak bisa bekerja seperti biasanya. Sehingga pikiran terasa buntu dan linglung.

3. Kurang istirahat

Kurang istirahat adalah penyebab tubuh terasa lelah dan pikiran yang kosong. Kurang istirahat bisa menyebabkan energi pada otak menurun sehingga tidak bisa bekerja secara maksimal. Inilah yang menyebabkan kamu gampang bingung dan sulit konsentrasi.

4. Mengonsumsi gula berlebihan

Gula memang menjadi sumber energi pada otak. Tetapi jika mengonsumsi gula secara berlebihan akan menganggu kinerja otak termasuk beberapa masalah kognitif seperti kemampuan berpikir yang menurun dan ingatan yang lemah.

5. Dehidrasi

Tubuh manusia terdiri dari sekitar 70% air, sehingga semua bagian dalam tubuh kita termasuk otak bergantung pada air agar dapat berfungsi dengan baik. Jadi, kalau kekurangn air atau dehidrasi, fungsi otak juga akan terganggu dan tidak bisa bekerja dengan baik.

Nah, itulah beberapa alasan yang menyebabkan pikiran menjadi kosong dan linglung. Jadi, sebaiknya hindari hal-hal di atas agar otak bisa berfungsi dengan baik.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading