Sukses

Health

7 Penyebab Leher Gatal yang Bikin Tidak Nyaman dan Sering Ternjadi

Fimela.com, Jakarta Pernah mengalami leher gatal? Gatal pada leher merupakan sensasi yang menggelitik dan menjengkelkan disertai dengan keinginan untuk menggaruk di bagian leher. Saat kita mengalami bagian leher en gatal tentu akan membuat frustrasi, selain itu jika kita terlalu sering menggaruk nya terkadang akan muncul ruang atau Kemerahan di bagian leher.

Istilah medis untuk penyebab gatal pada leher adalah pruritus,biasanya kita akan mengakami kemerahan, bengkak, nyeri terkadang akan terjadi di sekitar leher yang gatal. Meskipun menggaruk dapat meredakan gejala untuk sementara, akan tetapi jika kita terus menerus menggaruknya tentu akan memperburuk ruang dan membuat kulit terkena infeksi.

Mungkin cara terbaik untuk mengatasi rasa gatal di bagian leher dengan menahannya jangan terlalu sering menggaruk, hal ini juga dapat disebabkan oleh gigitan serangga, alergi, maupun infeksi. Akan tetapi jika kamu mengalami gejala lainnya, lebih baik untuk periksa ke dokter. Sebelum kamu mengobati rasa gatal pada leher berikut beberapa penyebab gatal pada leher yang sering terjadi:

1. Tidak Menjaga Kebersihan

Mungkin selama kita mandi jarang untuk menjaga kebersihan pada leher, padahal untuk membersihkan seluruh bagian tubuh kita mulai dari kepala hingga kaki. Membersikan leher atau berkeramas terlalu sering atau jarang ternyata dapat menyebabkan rasa gatal di area leher. Ada baiknya jika kamu mandi jangan lupa untuk membersikan di bagian leher, agar terhindar dari satu ini.

2. Iritasi

Ternyata beberapa produk pakaian nanti pak gunakan akan memiliki bahan kimia teesendiri. Penggunaan produk Wangian atau parfum dan sabun yang tidak cocok dengan kulit kita tentu dapat mengiritasi kulit dan dapat menyebabkan gatal pada bagian leher.

Ada baiknya jika kamu mengalami gatal pada leher karena penggunaan produk yang tidak tepat untuk mengganti produk yang baru jangan menggunakan produk tersebut terlalu lama.

3. Reaksi Alergi

Ternyata beberapa orang mungkin memiliki reaksi alergi terhadap bahan kimia, kosmetik, atau akan tertentu yang menyentuh. Mungkin kamu tengah mengembangkan kalung, parfum, atau produk lainnya. Reaksi alergi yang kita rasakan serangga, makanan, dan tanaman poison oak atay poison ivy.

4. Racun

Tak hanya adanya reaksi alergi ternyata paparan racun di lingkungan mungkin juga dapat menyebabkan leher gatal. Jika kamu bekerja di dalam ruangan atau sering bertemu dengan bahan kimia atau partikel kecil seperti serat kayu hal ini dapat meningkatkan resiko iritasi dan dapat menyebabkan leher gatal.

5. Lingkungan

Berada di lingkungan yang cukup panas atau sangat dingin tentu dapat membuat beberapa orang mengalami iritasi kulit. Hal ini juga terjadi jika adanya paparan yang berlebihan terhadap sinar matahari, saat kamu berada di luar ruangan pakailah pakaian yang tepat atau hindari paparan sinar matahari secara langsung.

6. Gigitan Serangga

Gigitan serangga tentu dapat memberikan efek pada bagian leher kita, terkadang kita tidak akan sadar dengan adanya gigitan serangga yang membuat leher belakang gatal. Serangga yang kecil seperti nyamuk, kutu, atau semut tentu akan memberikan efek yangmenyakitkan tetapi akan meredah seiring berjalannya waktu.

7. Kondisi Kulit Kronis

Terkadang kondisi kulit kronis yang mendasarinya juga dapat menyebabkan letal, mengingat bahwa semua orang memiliki tipe kulit yang berbeda termasuk kering maupun lembab. Hal ini mungkin termasuk kondisi kulit seperti eksim atau psoriasis, kondisi kulit yang berpotensial mengalami gatal pada leher adalah eksim.

Gatal pada leher biasanya bukan masalah yang cukup serius, akan tetapi dalam beberapa kasus yang terjadi hal ini dapat menandakan adanya gejala dari kondisi yang cukup serius yang mungkin memiliki komplikasi. Ada baiknya jika kamu mengalami gatal pada leher untuk periksa ke dokter agar mengetahui penyebab nya dan mendapatkan perawatan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading