Sukses

Health

5 Tips Sehat dan Bugar saat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Selama bulan puasa, tubuh akan mengalami perubahan pola makan. Pastikan perubahan ini tidak mengganggu aktivitas atau kesehatan Sahabat Fimela. Ini juga untuk memastikan setelah Ramadan, kita akan lebih segar. Lalu seperti apa cara untuk menjaga tubuh tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa Ramadan? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air sehingga kita lebih rentan terhadap dehidrasi selama puasa. Pastikan minum air putih minimal 6-8 gelas dari buka puasa hingga sahur.

2. Hindari Makanan Manis dan Berminyak

Gula mengandung kalori yang cukup tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan makanan berminyak atau berlemak dapat menyebabkan asam lambung. Sebaiknya hindari kedua jenis makanan tersebut, terutama di bulan puasa.

3. Perbanyak Konsumsi Protein dan Makanan Berserat Tinggi

Protein dan serat yang tinggi baik untuk pencernaan sehingga dapat membantu proses detoks. Makanan berserat tinggi juga akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama sehingga cocok dikonsumsi saat sahur.

4. Tidur yang Cukup

Pastikan kamu memiliki waktu tidur yang cukup karena kamu sudah bangun lebih awal untuk sahur dan sholat. Kurang tidur akan mempengaruhi nafsu makan, kondisi tubuh, dan kinerja otak.

5. Tambahkan Asupan Vitamin & Herbal

Pemilihan asupan nutrisi yang tepat akan sangat mempengaruhi energimu sepanjang hari. Konsumsi suplemen juga tidak terkecuali. Suplemen herbal seperti pil kunyit untuk membantu meningkatkan antioksidan tubuh dan membantu kesehatan pencernaan.

Well, itulah beberapa tips menjaga kesehatan selama bulan suci Ramadan. Tetap perhatikan kesehatan, ya Sahabat Fimela!

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading