Sukses

Health

5 Penyebab Bau Badan Menyengat dan Tips untuk Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Bau badan merupakan masalah yang sering terjadi oleh beberapa orang, hal ini terjadi karena adanya proses bakteri dan keringat dan bukan karena keringat itu sendiri. Terkadang kita sering mengetahui bahwa keringat itulah yang menyebabkan bau badan faktanya, keringat manusia hampir tidak berbau.

Bau badan sendiri dapat terjadi karena adanya bakteri pada kulit seseorang yang memecah molekul protein dalam keringat dan menghasilkan bau sebagai hasilnya, bau badan merupakan masalah umum akan tetapi dapat sangat mempengaruhi kepercayaan diri banyak orang.

Meskipun akar penyebab nya seringkali disebabkan oleh masalah kebersihan, tetapi bau badan dapat mengin dikasikan kondisi mendasar yang lebih serius dalam beberapa kasus lainnya. Tubuh juga dapat menghasilkan bau di mulut dan rongga rongga lain serta dalam cairan tubuh. Berikut beberapa penyebab bau badan menyengat yang bikin tidak nyaman:

1. Olahraga

Olahraga tentu baik untuk kesehatan tubuh, akan tetapi jika kita makan aktivitas fisik yang terlalu besar biasanya tubuh akan mengeluarkan bakteri atau keringat yang dapat memecah molekul protein. Mengapa banyak orang yang melakukan aktivitas sering mengalami bau badan.

2. Stres atau Cemas

Saat pikiran menumpuk dan banyak tekanan yang datang tentu akan membuat seseorang merasa Stress dan cemas, terkadang hal inilah yang dapat menyebabkan bau badan tidak sedap.

3. Cuaca Panas

Cuaca sedang panas tentu tubuh akan menghasilkan banyak keringat atau bahkan bakteri, hal ini tentu membuat kita tidak nyaman. Ketika cuaca yang panas biasanya akan membuat seseorang berkeringat atau gerah, terkadang hal inilah yang akan menghasilkan bau tidak sedap pada tubuh mereka.

4. Kelebihan Berat Badan

Memiliki berat badan yang lebih terkadang akan gue seseorang mengalami bau badan yang tidak sedap. Ini dikarenakan seorang yang memiliki berat badan lebih biasanya lebih banyak pori-pori yang tersembunyi dalam lipatan tubuhnya, area tersebut yang terkadang hangat, beruap, dan gelap sehingga balteri penyebab badan akan berkembang di bagian tersebut.

5. Faktor Genetika

Yang terakhir penyebab bau badan juga dapat dipengaruhi oleh faktor genetik, hal ini juga dapat diturunkan jika orang tua kalian atau kakek nenek memiliki atau malam masalah bau badan yang tidak sedap.

Tips Mengatasi Bau Badan Yang Menyengat

6. Menjaga Kebersihan Diri

Mandi setidaknya sekali sehari hal ini akan menghilangkan keringat serta memikirkan beberapa bakteri di kulit. Keringat dengan sendirinya tidak berbau, tetapi ketika bakteri yang hidup di kulit akan bercampur dengan keringat dan berkembanbiak dengan cepat serta meninggalkan bau yang tidak cepat.

7. Gunakan Sabun Antibakteri

Mencuci secara menyeluruh dengan sabun anti bakteri ternyata dapat membantu menyingkir kan beberapa pak dari dan dapat membantu menghilangkan bau. Ada baiknya untuk memilih sabun khusus anti bakteri agar lebih efektif.

8. Menggunakan Handuk yang Kering

Setelah mandi ada baiknya untuk mengeringkan diri sepenuhnya dan memperhatikan di mana ada banyaknya keringat dalam tubuh. Selain itu kamu juga dapat mengeringkan diri dengan handuk, jangan gunakan handuk yang masih basah atau lembab.

9. Jaga Pakaian Tetap Bersih

Sering sering lah untuk mengganti pakaian saat kamu berkeringat lebih banyak, pakaian yang sekarang ternyata dapat membantu mengurangi bau badan. Selain itu untuk memastikan menggunakan kaos kaki terutama jika kamu memiliki bau kaki yang tidak sedap.

10. Mengurangi Makanan atau Minuman Tertentu

Apa yang kamu makan ternyata dapat mempengaruhi bau badan kamu, makanan ini cenderung membuat berkeringat seperti capai atau makanan pedas juga dapat menyebabkan bau badan. Selain itu aroma makanan seperti bau bawang merah dan bawang putih juga dapat membuat seseorang berkeringat, minuman yang mengandung alkohol dan kafein juga dapat mempengaruhi bau keringat seseorang.

Bau badan yang tidak sedap tentu membuat banyak orang tidak percaya diri, apalagi jika hal ini dialami oleh banyak perempuan. Tentu kita akan terus menerus menggunakan parfum atau depdorant untuk mengatasinya, tapi kamu dapat mengikuti beberapa tips atau cara di atas semoga informasi di atas dapat membantu kamu.

What's On Fimela
Loading