Sukses

Health

9 Penyebab Gatal-Gatal Pada Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Gatal-gatal bisa muncul pada malam hari. Kondisi kulit yang gatal dapat membuat penderitanya menjadi tidak nyaman, merasakan perih di sekitar kulit, dan bisa menyebabkan bekas ruam atau bentol-bentol. Sehingga kesehatan kulit juga perlu dijaga.

Penyebab gatal-gatal pada malam hari terjadi karena kulit terkena zat alergen. Zat tersebut bisa membuat kulit menjadi gatal hingga menyebabkan peradangan. Kulit yang gatal juga bisa terinfeksi oleh kuman dan bakteri yang menempel di kulit.

Penyebab gatal-gatal pada malam hari ini harus diwaspadai. Kondisi ini bisa menyerang anak-anak maupun dewasa. Untuk itu, kenali penyebab gatal-gatal pada malam hari berikut ini:

Penyebab Gatal-Gatal

1. Terkena Alergi

Penyebab gatal-gatal pada malam hari adalah alergi. Saat terkena alergi, tubuh akan terasa gatal-gatal pada bagian kulit, warna kulit berubah menjadi kemerahan, terasa panas dan muncul bentol-bentol. Alergi ini bisa disebabkan karena debu, sabun cuci, obat-obatan, dan lain sebagainya.

2. Kulit Kering

Ketika kondisi kulit kering, kulit akan menjadi sangat sensitif dan gatal-gatal. Kulit kering bisa didapatkan karena faktor keturunan atau perubahan cuaca ekstrem. Kulit yang kering ditandai dengan tekstur kulit bersisik, mudah mengelupas dan kemerahan.

3. Infeksi Jamur

Jamur adalah tumbuhan yang biasa berkembang biak di tempat yang lembap. Jamur bisa menjadi penyebab gatal-gatal pada malam hari. Spora jamur dapat bertebangan di udara, sehingga menempel di area kulit tertentu dan menyebabkan gatal. Bahkan jamur bisa tumbuh di kulit, kalau sering menggunakan pakaian yang lembap dan kotor.

Penyebab Gatal-Gatal

4. Debu

Jika Sahabat Fimela sering merasakan gatal pada malam hari, mungkin udara dalam ruangan tercampur dengan debu yang kotor. Debu yang terdapat di dalam ruangan, sudah terkontaminasi oleh kotoran serangga, serbuk sari, spora jamur dan lain sebagainya, yang bisa menyebabkan gatal dan memicu alergi pada kulit.

5. Tungau

Tungau merupakan jenis serangga yang biasanya hidup di kasur, boneka, karpet bulu, bantal dan guling. Tungau mengeluarkan zat yang bisa melayang di udara. Saat kamu tidak sadar menghirup zat ini atau sedang tidur di kasur atau bantal yang terdapat tungau, maka akan menyebabkan gatal pada malam hari.

6. Jarang Mandi

Agar tidak mengalami gatal-gatal pada malam hari, sebaiknya mandi pada sore hari dan bersihkan badan sebelum tidur. Karena setelah melakukan aktivitas seharian, membuat banyak sekali keringat yang menempel di tubuh dan mengandung kotoran. Jika keringat tidak dibersihkan, maka akan menimbulkan reaksi gatal-gatal dan membuat tidur tidak nyaman.

Penyebab Gatal-Gatal

7. Alergi Udara Malam

Ada sebagian orang yang alergi pada udara malam. Reaksi alergi ini bisa menyebabkan badan gatal-gatal pada malam hari. Namun ada juga yang disertai gejala bersin-bersin. Udara malam kurang baik untuk kesehatan, dan udara malam cenderung dingin sehingga tidak baik untuk pemilik kulit sensitif.

8. Alergi Makanan

Tak hanya alergi terhadap udara. Salah mengonsumsi makanan juga bisa menyebabkan reaksi alergi yang membuat badan gatal-gatal pada malam hari. Reaksi alergi makanan juga bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan, hingga sesak napas. Lebih baik hindari mengonsumsi makanan laut, makanan yang tidak bersih, dan makanan yang belum matang.

9. Ada Parasit dalam Tubuh

Di dalam tubuh, terdapat banyak sekali parasit yang tumbuh dan berkembang dengan pesat. Parasit di dalam tubuh seperti bakteri baik, cacing dalam pencernaan, cacing pita, cacing kremi dan trichinella, bisa menjadi penyebab gatal-gatal pada malam hari. Segera periksa pada dokter untuk mencegah komplikasi penyakit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading