Sukses

Health

5 Masalah Kesehatan yang Perlu Diwaspadai Setelah Hari Raya Idul Fitri

Fimela.com, Jakarta Selamat hari raya idul fitri, minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Hari raya telah berjalan beberapa hari, gimana nih Sahabat Fimela, sudah bersilaturahmi ke mana saja? Apakah kamu dan keluarga juga melakukan mudik di hari raya tahun ini?

Bicara mengenai hari raya, ada banyak hal menarik di hari raya. Di hari yang sangat spesial dan bahagia tersebut, kita pun bisa istirahat sejenak dari pekerjaan yang menumpuk setiap harinya, kita bisa menikmati beragam sajian lebaran yang lezat dan menggugah selera, kita bahkan bisa berkumpul dengan sanak saudara yang jarang ketemu di hari-hari biasa. 

Meski hari raya sangat istimewa dan bahagia, selepas hari raya ada beberapa hal yang perlu diwaspadai. Termasuk masalah kesehatan yang sering mengintai. Berikut ada beberapa masalah kesehatan yang sering mengintai dan patut diwaspadai setelah hari raya.

1. Meningkatnya Gula Darah

Masalah pertama adalah meningkatnya gula darah dalam tubuh. Banyaknya sajian makanan manis di hari raya bisa membuat seseorang mengalami kenaikan gula darah. Apalagi jika konsumsi manis tidak dibatasi dengan baik. 

2. Naiknya Asam Urat

Selain gula darah yang naik, asam urat juga rentan naik. Makanan berupa opor ayam atau makanan berkuah santan lainnya ditambah emping serta kerupuk bisa meningkatkan asam urat dalam tubuh. Terlebih lagi jika konsumsi makanan ini tidak dibatasi dengan baik. 

3. Meningkatnya Kadar Kolesterol

Masalah kesehatan selanjutnya adalah meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh. Banyaknya asupan makanan yang berlemak, gurih, dan mengandung banyak gula bisa membuat kolesterol dalam tubuh naik secara drastis.

4. Gangguan Pencernaan

Konsumsi makanan yang beragam selama lebaran bisa membuat pencernaan bermasalah. Konsumsi makanan  bersantan, sambal dan aneka camilan yang terlalu gurih bisa membuat pencernaan bekerja lebih ekstra sehingga rentan bermasalah. 

5. Naiknya Berat Badan

Masalah yang paling umum terjadi setelah lebaran adalah naiknya berat badan. Berat badan rentan naik karena saat lebaran tidak sedikit orang makan secara tak terkendali. Beragam jenis makanan yang disantap saat lebaran juga memungkinkan naiknya berat badan.

Itulah beragam masalah kesehatan yang perlu diwaspadai dan sering mengintai setelah hari raya Idul Fitri. Semoga informasi ini bermanfaat dan pastikan untuk menjaga kesehatan serta pola makan setelah ramadan terutama saat hari raya tiba. 

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading