Sukses

Health

5 Penyebab Kepala Pusing Bagian Belakang yang Sering Menganggu

Fimela.com, Jakarta Saat mengalami sakit kepala yang pusing tentu membuat kita tidak nyaman terlebih perasaan ini terkadang membuat kita kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, pusing karena sakit kepala yang kita alami tentu disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat kita alami. Hal ini juga dapat dipengaruhi oleh faktor internal seperti masalah kesehatan atau faktor eksternal seperti fikiran yang banyak dan stress.

Pernahkah kamu mengalami kepala pusing pada bagian belakang? Kepala yang pusing satu ini dapat dipengaruhi oleh faktor sakit punggung atau bagian leher yang kita alami. Meskipun hanya pusing ternyata beberapa lainnya dapat menjadi masalah yang cukup serius dan terkadang membutuhkan perawatan yang tepat.

Terlalu banyak tekanan yang membuat kita stress terkadang dapat mempengaruhi pusing bagian kepala yang menyakitkan, untuk itu hal ini dapat membuat kamu belajar untuk mengatasi stress yang kamu rasakan. Berikut beberapa penyebab kepala pusing bagian belakang yang mungkin kamu alami:

1. Alergi

Alergi musiman atau hanya beberapa penyebab yang membuat kita alergi disebut sebagai rhinitis alergi, hal ini dapat menyebabkan perasaan tertekan di kepala dan sinus bagian hidung. Beberapa orang juga mengalami gejala seperti bersin, mata gatal, sakit tenggorokan, dan perasaan yang tidak sehat secara umum. Salah satu gejala ini juga dapat menyebabkan pusing pada bagian belakang kepala terutama saat sesak atau mengalami sinusitis.

2. Sinusitis

Sakit kepala dan pusing akibat sinusitis dapat menyebabkan perasaan tertekan di kepala, terutama di dekat bagian depan wajah dan di bawah mata. Hal ini dapat terjadi karena adanya cairan yang menumpuk di sinus dan umumnya terjadi karena infeksi. Beberapa orang yang pusing serta merasa sakit huga memiliki tingkat energi yang lebih rendah.

3. Migrain

Migrain merupakan salah satu jenis neurologis sakit kepala yang terjadi ketika perubahan di otak menyebabkan sakit kepala dan sensasi yang tidak biasa lainnya. Beberapa orang yang mengalami migrain sebagai tekanan kepala bersama dengan neurologis lainnya seperti:

  • Pusing.
  • Kepekaan terhadap cahaya.
  • Muntah.
  • Mendengar suara yang tidak biasa.

 

4. Infeksi Telinga

Infeksi telinga biasanya dapat mempengaruhi telinga tengah dan hanya melewati gendang telinga. Infeksi ini umum terjadi pada anak-anak, terkadang infeksi telinga ini dapat mengikuti penyakit lain seperti infeksi sinus atau flu. Telinga tengah dapat membuat cairan sendiri unruk menjaga dirinya tetap bersih, sedangkan cairan ini dapat mengalir ke tenggorokan melalui lubang, yang akan membuat tenggorokan bengkak.

5. Stress

Terlalu banyak tekanan dapat membuat seseorang mengalami stress yang berlebihan selain itu hal ini dapat membuat seseorang tidak percaya diri dan membebani dirinya sendiri. Stress yang kita alami dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti pekerjaan, keluarga, atau mungkin masalah pertemanan. 

Beberapa faktor penyebab kepala pusing bagian belakang terkadang membuat kita tidak nyaman dan kesulitan untuk melakukan aktivitas dan pekerjaan lainnya, tetapi jika sakit kepala dan pusing bagian belakang yang kamu alami mengalami gejala lainnya ada baiknya untuk periksa ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading