Sukses

Health

5 Penyebab Mata Gatal di Malam Hari yang Bikin Sulit Tidur

Fimela.com, Jakarta Ketika mata menjadi gatal dan merah tentu kita akan melakukan apa saja untuk meredakan masalah tersebut, akan tetapi mengetahui penyebvab utama dari mata yang gatal dan merah sangatlah penting. Mata yang terasa sangat gatal tentu akan membuat kita merasa tidak nyaman, terutama saat kita akan bangun tidur.

Ternyata ada beberapa alasan mengapa kita mengalami mata yang gatal dan merah di malam hari, salah satu alasannya dikarekana terlalu sibuk di siang hari atau berada di depan laptop terus menerus. Selain itu saat kita bekerja atau melakukan aktivitas di luar ruangan pada siang hari aka nada kemungkinan terpapar alergen yang berbeda di rumah saat malam hari, seperti AC yang terlalu dingin atau menatap layar terus menerus.

Selain itu penyebab dari mata yang terasa sangat gatal dan merah dapat disebabkan saat kita melakukan aktivitas di malam hari yang tidak kita lakukan di siang hari, berada di depan layar ponsel maupaun laptop dapat membuat mata kering di sepanjang hari atau mungkin dapat memperburuk kondisi mata dan menyebabkan gatal. Berikut beberapa penyebab mata gatal di malam hari yang mungkin kamu alami:

1. Reaksi Alergi

Reaksi alergi pada mata maupun kelopak mata dapat disebabkan oleh beberapa produk perawatan yang digunakan terutama saat sebelum tidur, beberapa produk dapat menyebabkan reaksi alergi yang berbeda. Selain itu hal ini juga dapat disebabkan oleh bulu mata maupun debu yang masuk ke mata, berikut beberapa pemicu yang dapat menyebabkan mata gatal adalag:

  • Sabun, detergen, dan bahan kimia lainnya.
  • Debu, serbuk sari, dan bulu.
  • Asap rokok.
  • Riasan pada bagian mata.

Kulit yang sangat tipid ternyata dapat menurupu kelopak mata dan membuat mata menjadi alergi maupun sensitif. Kemungkinan bebetapa penyebab diatas dapat membuat mata menjadi merah serta gatal di malam hari.

2. Ketegangan Mata

Kelelahan mata merupakan salah satu penyebab dari mata yang terasa sangat gatal dan terbakar, penyebab yang paling umum dari mata gatal adalah kelelahan termasuk saat kita melihat layar terus menerus. Selain itu ternyata kelelahan mata juga dapat terjadi di malam hari saat kita berusaha membaca di tempat yang remang-remang dan tidak mengistirahatkan mata.

Ketika kamu Stress dan merasa sangat lelah dapat menjadi satu penyebab mengapa mata gampang lelah, selain itu suhu yang panas maupun terlalu dingin dapat membuat mata terasa sangat tegang dan gatal. Berikut beberapa gejala lain dari kelelahan mata adalah:

  • Penglihatan kabur.
  • Sakit kepala.
  • Sakit leher.
  • Kepekaan terhadap cahaya.
  • Kesulitan berkonsentrasi.

3. Blefaritis

Blefaritis merupakan salah satu kondisi yang dapat menyebabkan peradangan kelopak mata, selain itu kondisi ini juga dapat terjadi ketika kelenjar di minyak dan folikel rambut kelopak mata tersumbat maupun teriritasi Berikut beberapa penyebab yang mungkin kamu alami:

  • Infeksi bakteri.
  • Efek samping obat.
  • Kelenjar minyak yang tidak berfungsi.

4. Mata Kering

Mata kering biasanya akan memburuk sepanjang hari dan menyebabkan garukan serta sensasi lainnya saat di malam hari, selain itu mungkin kamu akan merasa sangat baik-baik saja ketika bangun tidur. Tetapi seiring berjalannya waktu mungkin kamu akan merasakan beberapa gejala seperti mata yang kering atau ada benjolan di bagian mata.

5. Konjungtivitis

Konjungtivitis dikenal sebagai mata merah merupakan salah satu penyakit mata yang dapat menyebabkan mata terasa sangat gatal dan merah. Jika kamu memiliki penyakit mata satu ini biasanya akan merasakan gatal dan merah di sepanjang hari maupun di malam hari.

Jika kamu memperhatikan adanya mata gatal dan merah di malam hari, hal ini diperlukan untuk periksa ke dokter agar mengetahui penyebabnya. Selain itu beberapa pengobatan rumahan juga dapat membantu kamu untuk mencegah mata gatal di malam hari, seperti mengompres menggunakan air hangat maupun dingin, menjaga kebersihan mata, dan menghindari alergen.

What's On Fimela
Loading