Sukses

Health

5 Penyebab Mata Terasa Mengganjal yang Bikin Tidak Nyaman

Fimela.com, Jakarta Pernah mengalami bagian mata yang terkena debu, pasir, atau bahkan bulu mata yang jatuh ke mata? Kurasa tersebut membuat kita tidak nyaman saat melihat. Saat ada yang mengganjal pada bagian mata kita akan lebih sering mengucek mata padahal hal ini tidak boleh dilakukan karena akan menyebabkan iritasi pada bagian mata.

Mata yang terasa mengganjal tentu akan membuat seseorang kesulitan melihat dan selalu berkedip agar kotoran atau bulu mata yang tersangkut keluar. Biasanya jika ada yang mengganjal pada bagian kita akan memenjamkan mata dan membiarkannya agar saat dibuka hilang dengan sendirinya.

Tapi pernahkah kamu mencoba menghilangkan kotoran pada bagian mata menggunakan cairan khusus mata? Beberapa dokter mungkin akan merekomendasikan cairan khusus mata bagi mereka, akan tetapi kamu juga dapat menghilangkan nya sendiri. Berikut berapa penyebab mata terasa mengganjal yang sering terjadi:

1. Mata Kering

Mata kering merupakan salah satu masalah umum yang sering terjadi, hal ini akan terjadi ketika air mata tidak mengi membuat permukaan mata menjadi lembab. Setiap kali kita berkedip tentu akan meninggalkan lapisan tipis air mata di permukaan mata hal ini tentu dapat membantu kita terutama pada bagian mata akan terjaga lebih sehat dan penglihatan jernih. Mata yang kering untuk dapat membuat seseorang mengalami sesuatu atau ada yang mengganjal di bagian mata dan dapat menyebabkan robekan berlebihan diikuti dengan beberapa mata kering, berikut beberapa gejala yang termasuk:

  • Rasa gatal.
  • Menyengat atau terbakar.
  • Kemerahan.
  • Rasa sakit.

2. Bintitan

Bintitan merupakan salah satu pencapaian kecil tanpa rasa sakit yang berkembang di pada bagian kelopak mata, seringkali hal ini disebabkan oleh kelenjar minyak yang tersumbat.

Seseorang yang mengalami bintitan biasanya akan mengembangkan beberapa masalah lain pada bagian mata. Bintitan yang dipengaruhi oleh faktor eksternal dapat disebabkan oleh infeksi pada folikel puluh mata dan kelenjar keringat, sedangkan bintitan internal dapat terjadi karena adanya infeksi kelenjar minyak.

3. Blefaritis

Blefaritis mengacu pada pria dengan kelopak mata, biasanya juga dapat mempengaruhi garis bulumata kedua Kelopak mata kita. Hal ini seringkali disebabkan oleh kelenjar minyak yang tersumbat, selain itu sensasi rasa yang mengganjal pada bagian mata juga dapat disebabkan oleh:

  • Sensasi ada pasir di bagian mata.
  • Terbakar atau menyengat.
  • Kemerahan.
  • Gatal.
  • Kulit mengelupas.

4. Konjungtivitis

Konjungtivitis merupakan salah satu istilah medis untuk mata yang merah muda, hal ini sering mengacu pada adanya peradangan konjungtiva mata. Jaringan yang melapisi permukaan bagian dalam kelopak mata dan menutupi bagian putih mata, seringkali hal ini terjadi pada anak anak. Peradangan yang disebabkan oleh konjungtivitis juga dapat membuat seseorang merasakan ada yang mengganjal pada bagian mata, berikut beberapa gejala konjungtivitis lainnya:

  • Sensasi ada kasir di bagian mata.
  • Kemerahan.
  • Gatal.

5. Herpes Mata

Herpes mata dikenal sebagai Herpes okular yaitu infeksi mata yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Ada beberapa jenis herpes mata tergantung pada beberapa dalam lapisan kornea infeksi yang luas, biasanya hal ini akan mempengaruhi kornea dan dapat membuatnya terasa seperti ada sesuatu yang mengganjal. Berikut beberapa gejala yang mungkin kamu alami:

  • Sakit mata.
  • Kemerahan.
  • Peradangan.

Infeksi mata atau ada bagian yang mengganjal pada mata tentu membuat kita tidak nyaman, terlebih perasaan ini akan membuat kita mengucek mata terus menerus. Obat tetes mata dapat mengatasi masalah pada bagian mata yang mengganjal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading