Sukses

Beauty

7 Penyebab Mata Panda dan Cara Menghilangkannya dengan Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Mata panda atau kantong mata yang membesar dan menggelap, merupakan kondisi normal yang terjadi seiring bertambahnya usia. Sebenarnya memiliki mata panda tidak membahayakan, tetapi mengganggu penampilan sebagian besar orang. Sehingga banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkan mata panda.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan mata panda. Selain karena faktor usia, pola hidup yang kurang sehat juga mempengaruhi kesehatan mata dan menyebabkan mata panda. Sehingga Sahabat Fimela harus menjaga pola hidup dengan lebih sehat.

Walaupun mata panda tidak dapat dihilangkan secara permanen, namun ada baiknya area kantong mata dirawat dengan baik. Mata panda ditandai dengan munculnya warna gelap, banyak kerutan di kantong mata, dan mata terlihat sembap. Untuk itu ketahui penyebab mata panda dan cara menghilangkannya berikut ini:

Penyebab Mata Panda

1. Reaksi Alergi

Penyebab mata panda yang pertama adalah karena adanya reaksi alergi. Saat terkena alergi, tubuh akan melepaskan histamin. Hal ini menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih tebal. Sehingga pada area kelopak mata akan terlihat lebih menggelap daripada biasanya.

2. Dehidrasi

Kondisi tubuh yang dehidrasi atau kekurangan cairan, dapat menyebabkan kelopak mata menjadi menggelap, dan terlihat seperti mata panda. Tak hanya itu, kelopak mata akan terlihat lebih sayu dan muncul keriput di area tersebut. Untuk itu, konsumsilah air putih sesuai dengan kebutuhan harian.

3. Sering Terkena Paparan Sinar Matahari

Saat berada di luar atau di dalam ruangan, paparan sinar matahari dapat mempengaruhi kondisi kulit. Sinar matahari menyebabkan perubahan melanin atau pigmen penggelap kulit. Jika tidak menggunakan tabir surya dan eye cream, maka kantong mata akan menggelap dan menyebabkan mata panda.

4. Faktor Keturunan

Mata panda juga bisa disebabkan karena faktor keturunan. Jika di dalam keluarga memiliki kelopak mata yang besar, maka hal itu akan terjadi pada generasi berikutnya. Namun hal ini tetap dapat diatasi dengan rutin melakukan perawatan kulit area mata.

Penyebab Mata Panda

5. Sering Begadang

Apakah Sahabat Fimela memiliki kebiasaan begadang? Jika iya, sebaiknya segera perbaiki kualitas tidurmu. Karena sering begadang adalah salah satu penyebab terjadinya mata panda. Selain itu, begadang bisa membuat seseorang menjadi kesulitan menjalani aktivitas harian, mudah kelelahan dan kurang fokus.

6. Sering Menatap Layar Gadget

Layar gadget dapat memancarkan sinar biru, yang membuat mata menjadi tegang. Terlalu lama dan sering menatap layar gadget seperti smartphone, laptop, tablet maupun komputer, dapat menyebabkan mata panda. Hal ini dipengaruhi karena pembuluh mata menjadi lebih besar dan membuat warna kantong mata terlihat gelap.

7. Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Penyebab mata panda yang terakhir adalah karena kebiasaan merokok dan minum alkohol. Kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan penumpukan cairan di sekitar mata. Sehingga kantong mata terlihat lebih besar dan warnanya menggelap. Bahkan kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan peredaran darah jadi tidak lancar.

Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Bahan Alami

1. Masker Kopi

Cara menghilangkan mata panda bisa menggunakan kopi, yang dicampurkan dengan susu. Cara membuat masker ini hanya dengan menggunakan 1 sendok teh bubuk kopi dan 2 sendok teh susu murni. Lalu campur adonan hingga menjadi pasta, kemudian aplikasikan di area kantong mata dan diamkan hingga 10 menit. Bilas hingga bersih dan lakukan secara rutin.

2. Es Batu dari Susu

Untuk mempercepat proses mencerahkan mata panda yang menggelap, Sahabat Fimela bisa menggunakan es batu yang terbuat dari susu. Caranya dengan menuangkan susu ke tempat cetakan es batu, diamkan di dalam freezer hingga membeku. Kemudian aplikasikan pada area mata disetiap pagi hari dan malam hari.

3. Kantong Teh Hijau

Terakhir, kamu bisa menggunakan kantong teh hijau yang sudah didinginkan seharian untuk mengompres mata. Kantong teh hijau ini bisa membantu melancarkan peredaran darah dan menghilangkan mata panda. Lakukan secara rutin sebelum tidur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading