Sukses

Health

5 Penyebab Mata Sakit dan Cara Mengobatinya

Fimela.com, Jakarta Mata adalah salah satu indera yang berfungsi untuk melihat. Kesehatan mata harus dijaga dengan baik, agar terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan yang menyerang area mata. Sakit mata sangat berbahaya dan mengganggu penglihatan

Salah satu penyebab mata sakit yang paling umum adalah karena faktor usia. Semakin bertambahnya usia, maka seseorang akan mengalami penurunan penglihatan. Kemudian mata terasa sakit dan kelelahan. Penyebab sakit mata harus diwaspadai, agar tidak terjadi komplikasi penyakit yang serius.

Sahabat Fimela dapat melakukan perawatan untuk mencegah mata sakit. Ada juga beberapa pengobatan alami yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan sakit mata. Namun jika sakit mata tak kunjung sembuh, segera periksa dan konsultasikan pada dokter. Berikut penyebab mata sakit dan cara mengobatinya:

Penyebab Mata Sakit

1. Alergi

Penyebab mata sakit yang pertama adalah alergi. Reaksi alergi tidak hanya berpengaruh pada kulit saja. Zat alergen dapat masuk ke dalam mata. Kemudian memicu peradangan di mata dan menyebabkan mata gatal. Bahkan berisiko menyebabkan mata berair dan bengkak. Zat alergen biasanya terdapat pada udara, makeup, atau kontak dengan tangan saat mengucek mata.

2. Infeksi

Bekteri, kuman, jamun dan virus bisa terdapat dimana saja. Penyebab mata sakit dengan gejala bengkak, mata merah dan berair disebabkan karena adanya infeksi pada mata. Infeksi ini bisa menular ke orang lain dan harus segera disembuhkan. Infeksi mata ini memicu penyakit konjungtivitis virus dan bakteri, bintitan, keratitis, trakoma, dan endoftalmitis.

3. Cedera

Apakah Sahabat Fimela pernah jatuh atau terhantam benda keras di bagian mata? Cedera ini dapat menjadi sakit mata dalam jangka waktu yang lama. Tentu saja cedera pada bagian mata memberikan efek bengkak di area mata, danwarna mata menjadi merah akibat peradangan.

4. Terkontaminasi Bahan Kimia

Berhati-hatilah saat cuci muka dan menggunakan sampo. Karena sabun cuci muka dan sampo memiliki kandungan bahan kimia yang dapat menjadi penyebab mata sakit. Tak hanya pada produk sabun saja. Riasan mata seperti eyeshadoweyeliner dan maskara mengandung bahan kimia, yang dapat menyebabkan mata sakit jika produk tersebut masuk ke dalam mata.

5. Terlalu Sering Menatap Gadget

Terlalu banyak bekerja di depan gadget seperti laptop, handphone, tablet atau komputer, bisa membuat mata sakit. Kondisi ini disebabkan karena mata sangat lelah. Pancaran cahaya biru yang lebih terang pada gadget, daripada cahaya lampu yang digunakan pada ruangan, akan memberikan tekanan tinggi pada mata.

Cara Mengobati Mata Sakit

1. Mengonsumsi Vitamin Mata

Sahabat Fimela bisa mengonsumsi suplemen atau vitamin mata secara rutin untuk mengobati mata sakit. Vitamin untuk mata adalah yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin C dan omega-3. Saat mengonsumsi vitamin, ada baiknya untuk tetap mengonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari.

2. Kurangi Menatap Layar Gadget

Untuk menjaga kesehatan mata, sebaiknya kurangi dan batasi menatap layar gadget atau laptop. Selingi dengan melihat pemandangan atau melihat ke arah jauh sekitar 2 meter, selama 20 detik setiap 20 menit sekali. Kamu juga bisa memejamkan mata selama 15 menit setiap 2 jam sekali. Jangan lupa untuk tetap berkedip saat menatap layar.

3. Gunakan Kacamata UV

Pancaran sinar matahari dan gadget dapat menyebabkan sakit mata. Sehingga mata harus dilindungi dengan kacamata UV dan anti radiasi, agar terlindungi dari paparan sinar matahari maupun sinar gadget. Kacamata ini juga berfungsi untuk mencegah mata lelah, mata merah, penglihatan ganda, kepala pusing dan hilang fokus.

Masker yang Baik untuk Mata

1. Masker Timun

Gunakan masker timun untuk menjaga kesehatan mata. Timun memiliki kandungan yang kaya akan mineral, sehingga bisa membantu menyegarkan kembali mata yang lelah. Caranya dengan memotong timun setebal 1cm, lalu letakkan dua potongan timun ke area mata dan tunggu hingga 15menit.

2. Masker Tomat

Selain menggunakan timun, kamu juga bisa mengiris 2 potong tomat setebal 1cm, untuk diletakkan di kedua mata dan diamkan selama 15menit. Tomat memiliki kandungan vitamin A, yang bisa membantu menenangkan area mata yang bengkak, mencerahkan kulit area mata, meregenerasi kulit dan melancarkan sirkulasi darah.

3. Masker Teh Hijau

Teh hijau adalah bahan alami yang kaya akan antioksidan, sehingga bisa mengobati mata yang lelah. Caranya adalah siapkan 2 kantong teh hijau, lalu seduh teh hijau di pagi hari. Kemudian letakkan dua kantong teh hijau ke dalam kulkas, dan taruh kantong teh hijau ke area mata saat malam hari. Tunggu dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading