Sukses

Lifestyle

7 Penyebab Iritasi Mata yang Membuat Rasa Gatal dan Tidak Nyaman

Fimela.com, Jakarta Iritasi pada mata sering terjadi pada beberapa orang dan mungkin banyak orang yang lo kan masalah ini. Jika kamu memiliki mata yang merah dan tarif teriritasi mungkin kau bertanya tanya apa yang perlu kamu lakukan sebelum pergi ke dokter.

Iritasi pada mata merupakan istilah umum yang sering digunakan untuk menggambarkan perasaan ketika ada yang mengganggu di sekitar mata atau di bagian mata. Meskipun terkadang gejalanya akan buat mata merah atau rasa gatal yang tidak nyaman di bagian mata, tetapi hal ini mungkin bukan masalah yang serius.

Tetapi ketika kamu merasakan gejala lainnya selain mata merah dan rasa gatal di area maka kamu perlu pergi ke dokter untuk mengetahui penyebab nya dan mendapatkan perawatan yang tepat. Berikut beberapa penyebab iritasi mata yang sering terjadi:

1. Alergi

Alergi mata terjadi ketika ada sesuatu yang buat kamu alergi yang disebut alergen atau sesuatu yang mengganggu selaput mata. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan alergi mata, hal ini termasuk serbuk saru, tungau debu, jamur, dan puluh hewan peliharaan. Gejala lainnya ketika mata kamu terpapar alergen biasanya akan membuat mata merah dan gatal.

2. Iritasi

Paparan tidak disengaja terhadap aspal, partikel debu, atau uap kimia pernyataan dapat menyebabkan iritasi pada mata. Membuat mata menjadi merah atau setelah paparan tersebut kemungkinan mata juga akan terasa kasar, ternyata jika kamu mau Bilas mata setelah hal tersebut ternyata dapat meredakan gejala nya.

3. Benda Asing

Benda asing tentu dapat masuk ke mata dan menyebabkan mata iritasi, benda benda inilah yang dapat berupa benda benda kecil seperti bulu mata atau sesuatu yang lebih besar seperti kaca berapa benda juga dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Jika kamu merasakan gatal atau mata yang memerah karena adanya benda asing cobalah untuk ke dokter agar mengetahui penyebab nya.

4. Ketegangan Mata

Mungkin hampir 50% kehidupan sehari-hari kita dipenuhi dengan ponsel, komputer, dan barang di kita lainnya. Saat kamu berada di depan layar terus menerus tentu akan membuat mata merasa tegang dan pada saat itulah kemungkinan kamu akan mengalami iritasi pada mata.

Selain iritasi atau ketidaknyamanan mata saat melihat layar terlalu sering kemungkinan kamu akan merasa gejala ketegangan mata seperti sakit kepala, mata kering, dan nyeri di leher serta bahu.

5. Mata Kering

Air mata akan membantu menjaga mata tetap lmbab dan terlumasi, mereka dikeluarkan dari kelenjar yang terletak di dekat mata. Ketika kuantitas maupun kualitas air mata tidak cukup untuk menjaga kelembapan mata kita hal ini dapat menyebabkan mata menjadi kering.

Selain iritasi mata, mungkin kamu juga akan merasa kering dan gatal atau bahkan ada sesuatu di tulangnya. Ternyata perubahan gaya hidup seperti berhenti merokok, mengurangi waktu layar, dan mengenakan kaca mata hitam untuk melindungi dari kondisi kering juga dapat membantu.

6. Infeksi

Berbagai infeksi bakteri, virus, maupun jamur ternyata dapat menyebabkan iritasi pada mata gejala lainnya juga akan ada pembekakan untuk menggosok mata, nanah atau lendir, dan pengerasan kulit pada kelopak mata maupun bulu mata. Jika kamu memiliki, ada baiknya untuk dokter perawatan yang tepat.

7. Benjolan di Mata

Benjolan di mata atau bintit terkadang menyakitkan jika memegang secara langsung biasanya bintit ini terletak di tepi mata dan dapat menyebabkan iritasi mata. Jika kamu memiliki bintit sekitar mata itu bisa terlihat seperti jerawat dan mungkin bernanah, selain itu kamu juga akan merasa bengkak dan rasa sakit sekitar mata. Meskipun binti biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah di kompres, tetapi pendekatan ini juga dapat diobati dengan antibiotik untuk mengeluarkan nanah.

Ada banyak kemungkinan penyebab iritasi mata yang kita alami, beberapa penyebab inilah seperti tegangan mata atau bintit yang dapat hilang dengan sendirinya. Seperti paparan iritasi atau saluran air mata yang tersumbat juga memerlukan perawatan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading