Sukses

Health

Apa Penyebab Telapak Tangan Gatal yang Sering Terjadi? Cek Di Sini

Fimela.com, Jakarta Telapak tangan yang gatal tentu akan menganggu saat kita akan beraktivitas atau bahkan sedang bersantai, selain itu rasa gatal pada telapak tangan dapat membuat kita kesal dan adanya reaksi terbakar yang tidak berhenti. Tetapi, telapak tangan yang gatal dapat menandakan adanya masalah besar dan serius.

Telapak tangan yang gatal dapat menandakan adanya kondisi kulit kronis yang membutuhkan perawatan khusus. Pernahkah kamu mengalami telapak tangan yang gatal? Masalah satu ini mungkin sering terjadi oleh beberapa orang dan dapat diatasi dengan mudah.

Meskipun membuat kita tidak nyaman telapak tangan yang gatal biasanya akan memberikan efek sendiri pada bagian tangan kita, jika kamu mengalami gejala yang berkaitan dengan telapak tangan yang gatal ada baikya untuk periksa ke dokter. Berikut beberapa penyebab telapak tangan gatal yang mungkin kamu alami.

 

1. Eksim Tangan

Ternyata banyak orang yang mengalami eksim pada tangan, kondisi satu ini tidak menular akan tetapi dapat membuat telapak tangan gata, kulit merah, pecah-pecah, kering, dan terkadang melepuh. Biasanya orang yang paling sering mengalami eksim tangan adalah pekerja profesi tertentu yang dimana tangan akan terpapar dengan kelembapan yang berlebihan atau bahan kimia yang keras.

2. Reaksi Alergi

Terkadang telapak tangan yang gatal adalah akibat dari paparan berulang terhadap iritasi mauapun bahan kimia dan menghasilkan reaksi alergi, hal ini disebut sebagai dermatitis kontak. Biasanya reaksi alergi akan muncul 48 hingga 96 jam setelah kontak dengan alergen.

3. Diabetes

Ketika seseorang mengidap diabetes, kadar gula darah yang terlalu tinggi akan membuat kulit kering terasa sangat gatal. Kulit gatal inilah yang akan muncul dengan atau tanpa adanya benjolan merah yang berwarna seperti daging di bagian telapak tangan maupun di bagian tubuh lainnya.

4. Reaksi Terhadap Pengobatan

Terkadang telapak tangan yang gatal dapat berkembang sevagai akibat dari seseuatu yang kita telan seperti makanan maupun obat-obatan yang kita konsumsi. Setiap obat yang kita konsumsi tentu memiliki efek samping, bisa jadi salah satu efek dari obat yang kamu konsumsi adalah telapak tangan yang terasa sangat gatal atau mungkin rasa kantuk yang kamu alami.

5. Sirosis

Gangguan autoimun ini atau sirosis biller primer, biasanya dapat menyebabkan telapak tangan gatal dan bernoda. Sirosis akan mempengaruhi saluran empedu yang menghubungkan hati ke perut, empedu akan berjalan diantara kedua organ ini dan akan menumpuk di hati dan menyebabkan kerusakan dan jaringan parut.

Diatas merupakan beberapa penyebab dari telapak tangan gatal yang mungkin kamu alami, saat kamu merasakan gejala lain yang berkaitan dengan telapak tangan yang gatal ada baiknya untuk periksa ke dokter agar mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading