Sukses

Health

5 Penyebab Hati Gelisah Tanpa Sebab yang Perlu Disadari

Fimela.com, Jakarta Perasaan sedih dan gelisah bisa saja muncul secara tiba-tiba, bahkan ketika kamu merasa tidak ada penyebabnya. Jika hal ini terjadi sesekali, mungkin kamu akan mengabaikannya. Namun bagaimana jika kamu sering mengalami kegelisahan hati tanpa sebab

Tentunya jika kamu sering mengalaminya, kamu perlu mencari tahu penyebabnya. Hal ini karena bisa saja ada beberapa kebiasaan yang tidak kamu sadari dan hal tersebut sering membuatmu gelisah tanpa sebab. Kira-kira apa saja penyebabnya? 

Untuk kamu yang penasaran, berikut Fimela.com kali ini telah merangkum 5 penyebab hati gelisah tanpa sebab yang perlu disadari. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab Hati Gelisah Tanpa Sebab

1. Memiliki Rencana yang Tidak Realistis

Hal sederhana yang mungkin tidak kamu sadari padahal itu bisa membuatmu gelisah tanpa sebab ialah memiliki rencana yang tidak realistis. Memang semua orang boleh bermimpi dan membuat rencana-rencana besar dalam kehidupannya. Namun, jika kamu terlalu menaruh banyak target yang sulit untuk dicapai, maka kamu akan mudah merasa sedih karena perasaanmu mulai sensitif. 

Jauh di dalam lubuk hati, bisa saja kamu menyimpan kekecewaan atau bahkan menyalahkan dirimu sendiri karena tidak mampu mengerjakan apa yang sudah kamu rencanakan. Maka dari itu, sebaiknya kamu mengatur ulang rencana yang kamu buat, jalankan secara perlahan tapi pasti agar kamu tidak gelisah terus-menerus. 

2. Kualitas Tidur yang Buruk 

Terkadang kita terlalu bekerja keras hingga waktu tidur menjadi berantakan. Padahal, kualitas tidur yang buruk akan mempengaruhi emosi kita menjadi tidak stabil. Akibatnya, kita akan mudah merasa gelisah dan cemas tanpa sebab. 

Hal ini terjadi karena sebenarnya tubuh kita tengah kelelahan dan butuh banyak waktu untuk beristirahat. Jika ini adalah penyebabnya, maka disarankan agar kamu memperbaiki waktu tidur dengan durasi tidur sekitar 7 - 8 jam perhari. 

Penyebab Hati Gelisah Tanpa Sebab

3. Merasa Terpukul Akibat Kehilangan

Hampir tidak ada orang yang baik-baik saja setelah mengalami kehilangan. Apalagi jika kehilangan orang yang sangat penting dalam kehidupan kita seperti, keluarga, pasangan, ataupun sahabat. 

Tidak jarang orang-orang akan terus merasakan sedih dan gelisah, meskipun peristiwa tersebut sudah berlalu. Lalu, bagaimana cara menghadapinya? 

Kita harus mampu menerima kenyataan serta belajar untuk ikhlas. Karena orang-orang dalam hidup kita bisa saja pergi, namun kehidupan terus berjalan. Jadi, jangan sia-siakan waktu hanya untuk menangisi kepergian seseorang yang mungkin tidak akan kembali. 

4. Merasa Tidak Berharga

Penyebab yang satu ini mungkin akan sulit dipahami, namun kita memang mudah merasa gelisah tanpa sebab saat diri kita merasa tidak berharga. Itulah sebabnya validasi maupun apresiasi dari sesama manusia menjadi hal yang penting. 

Perasaan rendah diri atau kurang dicintai dalam lingkungan membuat seseorang merasa dirinya menjadi tidak berharga, lalu hal tersebut akan membuatnya merasa sedih berhari-hari. Maka dari itu, sebagai sesama manusia, alangkah indahnya jika kita selalu menebarkan kebaikan dan kasih sayang agar orang-orang disekeliling kita merasa dihargai. 

5. Perjalanan Hidup yang Melenceng dari Tujuan

Perasaan hati yang gelisah tanpa sebab sangat mudah terjadi pada orang-orang yang tengah kehilangan arah dalam hidupnya. Entah apapun alasannya, bisa jadi karena keadaan atau kesalahanmu sendiri, kamu kehilangan tujuan hidup sehingga diam-diam kamu menyesalinya dan merasa gelisah tanpa sebab. 

Jika saat ini kamu sedang berada dalam kondisi terpuruk, cepat bangkit. Raih kembali apa yang menjadi tujuan hidupmu, mungkin jalannya akan sulit, tetapi kamu pasti bisa melewatinya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading