Sukses

Health

5 Penyebab Batuk Tenggorokan Gatal dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Tenggorokan yang gatal biasanya dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti alergi, paparan sinar zat yang mengiritasi, infeksi maupun beberapa penyakit lainnya yang mudah diobati. Batuk seringkali terjadi pada bagian tenggorokan yang gatal karena hal ini menandakan adanya mekanisme pertahanan tubuh terhadap stimulant yang dapat mengiritasi.

Batuk dan tenggorokan yang gatal dapat disebabkan oleh beberapa hal termasuk beberapa penyakit yang serius atau ringan yang mendasarinya. Akan tetapi, terkadang beberapa orang tidak khawatir dengan masalah satu ini karena batuk dapat diobati dan diatasi dengan mudah.

Pernahkah kamu mengalami batuk dan merasakan tenggorokan yang gatal? Perasaan satu ini tentu membuat kita tidak nyaman dan sangat menganggu saat berbicara atau bahkan mengunyah makanan. Berikut beberapa penyebab batuk tenggorokan gatal yang mungkin kamu alami:

1. Dehidrasi

Dehidrasi biasanya ditandai dengan adanya jumlah air yang tidak mencukup dalam tubuh karena adanya faktor seperti penurunan asupan cairan, diare, muntah, paparan sinar matahari yang terlalu lama atau bahkan keringat berlebih.

Dehidrasi juga dapat menyebabkan gejala seperti tenggorokan yang gatal, haus, penurunan produksi urin, tekanan darah yang rendah, atau mungkin mulut yang kering.

Cara Mengatasinya : Cara terbaik untuk mengatasi dehidrasi yang dapat menyebabkan batuk dan tenggorokan gatal adalah mengkonsumsi minuman isotonic dan larutan dengan garam yang dapat menghidrasi.

2. Rhinitis Alergi

Rhinitis alergi adalah suatu peradangan pada lapisan hidung yang dipicu oleh reaksi alergi, hal ini dapat menyebabkan gejala seperti bersin, pilek, batuk kering, atau mungkin tenggorokan yang terasa sangat gatal. Kondisi satu ini biasanya akan muncul seteah adanya kontak dengan zat alergi, seperti debu, bulu binatang, dan serbuk sari.

Cara Mengatasinya : Tidak ada obat untuk rhinitis alergi akan tetapi gejalanya dapat dikelola dengan antihistamin seperti loratadine, selain itu kamu perlu menghindari kontak dengan zat yang dapat memicu terjadinya gejala alergi.

3. Alergi Makanan

Alergi makanan juga dapat ditandai dengan adanya respons peradangan yang berlebihan terhadap suatu zat tertentu yang biasanya ditemukan pada makanan. Peradangan dapat mempengaruhi berbagai bagian dalam tubuh, seperti mulut, kelopak mata, dan lidah yang dapat membuat pernapasan menjadi lebih sulit. Alergi makanan terkadang mudah diifentifikasi karena responsnya yang jauh lebih cepat dari biasanya.

Cara Mengatasinya : Dalam beberapa kasus ketika kamu mengalami alergi makanan obat saja tidak cukup, untuk itu kamu perlu melakukan tes alergi makanan sehingga dapat melihat pemicu yang menghindari makanan tersebut.

4. Paparan Zat yang Mengiritasi

Paparan zat yang mengiritasi seperti asap tembakau, asap dari pipa knalpot, produk pembersih, atau zat beracun lainnya terkadang dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan gatal dan batuk.

Cara Mengatasinya : Menghindari paparan zat yang apat memicu tenggorokan gatal yaitu dengan mencegah gejalanya atau kamu dapat melakukan pembilasan tenggorokan dengan berkumur menggunakan air dan garam.

5. GERD

GERD atau refluks gastroesofageal biasanya ditandai dengan naiknya isi lambung ke kerongkongan menuju mulut yang menyebabkan gejala seperti nyeri, rasa tidak enak, dan tenggorokan gatal karena iritasi asam lambung. Hal ini biasanya terjadi karena otot-otot di bagian bawah kerongkongan yang menghalami asam tidak berfungsi dengan baik.

Cara Mengatasinya : Perawatan untuk GERD terdiri dari minum antasida yang bertujuan untuk mentralkan asam lambung dan menghindari sensari terbakar di kerongkongan.

Ada banyak cara untuk mengatasi batuk dan tenggorokan yang gatal seperti minum banyak cairan, selain itu kamu dapat berkumut menggunakan air garam yang hangat untuk membantu meredakan peradangan. Menghindari pemicu alergi juga dapat membantu mencegah tenggorokan terasa sangat gatal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading