Sukses

Health

Cara Memakai Test Pack Agar Hasilnya Lebih Akurat

Fimela.com, Jakarta Selama ini kita tentu berpikir bahwa menggunakan atau memakai test pack sangatlah mudah. Namun jangan salah Sahabat Fimela. Penggunaan test pack di waktu yang kurang tepat bisa berpengaruh pada keakuratan hasil test pack. Untuk itu, penting bagi kita menggunakan test pack dengan baik dan benar. 

Sebelum kita membahas lebih jauh ke cara memakai test pack, sudah kah kamu tahu apa itu test pack?

Mengenal Test Pack

Test pack merupakan alat tes kehamilan yang bekerja dengan mendeteksi keberadaan hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urine atau air seni perempuan. Hormon ini hanya ada jika sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim. Kadarnya pun akan meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan.

Penggunaan test pack bisa mendeteksi kehamilan secara akurat hingga mencapai 99 persen. Tentunya jika penggunaannya dilakukan dengan baik dan benar. Saat ini setidaknya ada tiga jenis test pack yakni test pack strip, test pack digital dan pregnancy cassette test, yaitu alat tes kehamilan berupa stick. Lantas, bagaimana menggunakan atau memakai test pack secara baik dan benar?

Cara Memakai Test Pack

Kali ini Fimela memiliki cara memakai test pack yang benar agar hasilnya lebih akurat. Pastikan test pack dalam kondisi baik dan masih baru. Hindari memakai test pack yang sudah kadaluwarsa karena tingkat keakuratannya berkurang.  

Waktu terbaik untuk melakukan tes kehamilan adalah di pagi hari setelah bangun tidur. Saat ini kadar hCG dalam urine sedang tinggi-tingginya dan mudah terdeteksi. Lakukan juga test pack satu hari setelah terlambat menstruasi atau dua minggu setelah berhubungan intim. 

Untuk mamakai test pack, berikut caranya. 

  1. Siapkan wadah kecil atau wadah khusus untuk menampung urine saat kamu kencing. 
  2. Setelah urine ditampung, celupkan test pack strip atau digital ke wadah dengan bagian putihnya.
  3. Celupkan sampai di bawah garis batas MAX (maksimal). 
  4. Tunggulah selama 5-10 detik, lalu angkat test pack.
  5. Tunggulah sekitar 5 - 10 menit sampai warna garis benar-benar tidak berubah.
  6. Lihat garis merah pada test pack, jika hanya muncul satu garis tandanya kamu belum hamil. Tapi jika muncul dua garis tandanya kamu hamil. Jika garis kedua yang muncul samar, cobalah untuk melakukan tes lagi di test pack berbeda dan cari tahu keakuratannya. 

Itulah cara mudah memakai test pack untuk mengetahui kehamilan. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading