Sukses

Health

5 Penyebab Kaki Hitam yang Sering Bikin Khawatir

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu pernah memperhatikan kulit di kaki yang mengalami perubahan warna menjadi gelap daripada kulit lainnya? Beberapa orang terkadang akan merasakan hal ini dibagian tangan, siku, maupun lutut mereka.

Ternyata kaki yang lebih glap dari bagian kulit lainnya dapat menjadi salah satu efek samping adanya varises yang mereka alami. Jika kamu mengalami varises biasanya akan membuat pembuluh darah yang tidak kompeten yang tidak berfungsi dengan baik dan dapat terkumpul di kaki.

Tak hanya itu, kaki yang hitam atau memiliki warna lebih gelap dari lainnya dapat disebabkan oleh beberapa hal. Seperti, menggunakan sandal saat berada di luar ruangan, kamu tak perlu khawatir karena masalah ini bisa jadi tidak berkaitan dengan kesehatan. Berikut beberapa penyebab kaki hitam atau menggelap yang bikin penasaran:

1. Cedera

Jika terdapat benda atau sesuatu yang melukai kaki maka dapat mnyebabkan memar pada kaki dan membuatnya mengalami perubahan warna mulai dari kuning, hijau, ungu, bahkan hitam. Perubahan warna ini biasanya terjadi saat sakit yang dirasakan pada kaki akibat benda yang terkena di bagian kaki, bahkan ketika mulai sembuh terkadang kaki akan mengalami perubahan warna memar.

Memar pada kaki juga dapat disebabkan oleh ketegangan dan keselo yang kita rasakan, tetapi kamu tak perlu khawatir karena memar pada kaki dapat di obati dengan melakukan beberapa perawatan.

2. Raynaud

Raynaud ternyata dapat mempengaruhi sirkulasi pada tangan dan kaki, hal ini biasanya terjadi karena pembuluh darah yang menyempit, memotong suplai darah, dan jari tangan kaki akan menjadi biru, putih, ungu, merah, atau bahkan menghitam. Perubahan inilah yang terkadanf disertai dengan adanya rasa sakit dan kesulitan untuk menggerakan kaki.

3. Paparan Sinar Matahari

Mungkin diantara kamu ada yang lebih suka menggunakan sandal daripada sepatu, ternyata penggunaan sandal dapat membuat kulit kaki menghitam atau bahkan lebih hitam daripada kulit tubuh lainnya.

Paparan sinar matahari ternyata dapat membuat tubuh memproduksi pigmen melanin secara langsung, hal inilah yang terkadang dapat memperbaiki dan melindungi sel-sel kulit yang terganggu. Pigmen melanin inilah yang terkadang dapat membuat warna kulit menjadi lebih gelap daripada bagian kulit lainnya.

4. Hiperpegmentasi

Hiperpegmentasi akan terjadi ketika kulit menjadi sangat berpigmen dan tampak lebih gelap dari biasanya, terkadang hal ini dapat membuat warna kulit menghasilkan bintik-bintik gelap.

Mungkin kamu pernah mengalami jerawat, eksim, penyempuhan luka, dan paparan sinar matahari hal inilah yang menyebabkan hiperpegmentasi. Seseorang yang mengalami hiperpegmentasi terkadang akan merasakan warna kulit yang cenderung lebih gelap daripada kulit lainnya, hiperpegmentasi juga dapat disebabkan oleh perubahan hormonal.

5. Hipopigmentasi

Hipopigmentasi, terjadi saat kulit kehilangan pigmennya dan menjadi lebih terang dari biasanya. Hipopigmentasi juga dapat terjadi setelah luka sembuh, selain itu juga dapat mengakibatkan peradangan atau infeksi yang dapat sembuh dengan sendirinya.

Saat kamu mengalami perubahan warna pada kaki atau kulit lainnya ada baiknya untuk melakukan beberapa perawatan seperti menggunakan aloe vera, vitamin E, dan minyak zaitun. Beberapa perawatan dari dokter juga sangat dibutuhkan, oleh karena itu ada baiknya jika kamu mengalami hal ini dan merasakan beberapa gejala lain untuk periksa ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.

What's On Fimela
Loading