Sukses

Health

7 Minuman untuk Hidrasi Tubuh Selain Air Putih

Fimela.com, Jakarta Tubuh terdiri dari 70-80% air. Oleh sebab itu, penting untuk minum banyak air untuk mencukupi cairan dalam tubuh. Jika cairan dalam tubuh tidak tercukupi, tubuh bisa terkena dehidrasi. Jika sudah terkena dehidrasi, tubuh bisa terkena masalah kulit, sakit kepala, kram otot, tekanan darah rendah, detak jantung cepat, bahkan gagal organ jika sudah fatal.

Untuk mencukupi cairan dalam tubuh, disarankan untuk minum air 8 gelas sehari atau setara dengan 1,8 liter. Namun, minum air sebanyak itu sering kali membuat kita bosan karena rasa air yang hambar. Berikut minuman alternatif pengganti air putih yang bisa dicoba.

1. Air Kelapa

Sudah bukan rahasia lagi jika kelapa dapat menggantikan cairan tubuh, bahkan lebih baik daripada air. Minuman rendah kalori dan kaya kalium ini baik untuk dikonsumsi bukan hanya saat sedang dehidrasi, namun juga sehabis olahraga karena bisa menambah energi.

2. Susu

Melansir Food NDTV, susu dinilai lebih baik dalam menghidrasi tubuh daripada air. Susu juga bisa menggantikan cairan dalam tubuh yang hilang. Susu bisa mempertahankan cairan dalam tubuh sebab mengandung protein, natrium, dan karbohidrat.

3. Jus Mentimun

Untuk menambah cairan, jus mentimun lebih baik dikonsumsi daripada jus buah. Sebab, jus mentimun memiliki kandungan air yang lebih banyak dan lebih rendah gula. Sedangkan jus buah yang mengandung banyak gula bisa menghambat hidrasi tubuh.

4. Jus Buah

Ada buah yang mengandung sedikit air, ada juga buah yang mengandung lebih dari 90% air di dalamnya. Buah yang kaya air diantaranya semangka, jeruk, tomat, blewah, stroberi, dan persik. Serat tinggi dalam buah tersebut bisa menambah cairan tubuh. Bisa dimakan secara langsung, atau bisa juga dibuat jus. Jangan tambahkan banyak gula ya, saat membuat jus.

5. Teh Herbal

Ada bermacam-macam teh herbal, diantaranya teh jahe, teh rosela, teh krisan, teh kamomil, dan masih banyak lagi. Selain bisa menghidrasi tubuh, teh herbal berkhasiat baik bagi kesehatan. Aroma teh herbal yang baru diseduh juga bisa menenangkan pikiran.

6. Sparkling Water

Jika bosan minum air putih, minum sparkling water sesekali tidak masalah. Minuman ini cocok bagi yang suka minuman dengan sensasi menggelitik di lidah. Pilih yang rendah gula dan bebas alkohol, ya. Tambahkan juga perasan jeruk nipis dan potongan lemon agar semakin segar.

7. Infused Water

Jika bosan minum air putih bening, buatlah infused water. Caranya mudah, potong buah-buahan segar seperti apel, lemon, beri, stroberi, jeruk, persik, atau bisa juga mentimun, campur ke dalam air, masukkan kulkas, dan nikmati esoknya dalam keadaan dingin. Selain bisa menghidrasi, tubuh juga bisa merasakan manfaat kandungan nutrisi dari buah.

Nah, ternyata banyak minuman alternatif pengganti air yang bisa menghidrasi tubuh. Coba nikmati dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia Mahmudah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading