Sukses

Health

3 Cara Menyembuhkan Polip Hidung dengan Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Polip hidung adalah penyakit yang dapat mengganggu sistem pernapasan. Sebenarnya penyakit polip ini hampir sama dengan tumor yang tumbuh di hidung. Tetapi polip hidung adalah penyakit yang jinak, dan tidak akan menyerang nyawa penderitanya.

Sering kali polip hidung disamakan dengan sinusitis. Padahal kedua penyakit ini sangat berbeda. Polip hidung ditandai dengan munculnya benjolan lunak pada saluran hidung atau sinus. Sedangkan penyakit sinusitis adalah penyakit yang terjadi pada dinding sinus dan menyebabkan peradangan.

Seseorang yang terkena penyakit polip akan mengalamu susah napas. Karena hidung tersumbat oleh benjolan lunak. Jika mengalami gejala polip hidung, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter untuk menyembuhkannya. Berikut beberapa cara untuk menyembuhkan polip hidung dengan bahan alami:

Penyebab Polip Hidung

1. Sindrom Churg Strauss

Penyebab polip hidung yang pertama adalah sindrom Churg Strauss. Sindrom ini menyebabkan peradangan di sekitar pembuluh darah yang terdapat di hidung. Sehingga penderitanya akan mengalami kesulitan bernapas dan memicu munculnya benjolan polip di hidung.

2. Penyakit Asma

Jika Sahabat Fimela memiliki riwayat penyakit asma, sebaiknya berhati-hatilah dengan penyakit ini. Karena seseorang yang memiliki asma, akan cenderung terkena radang hidung dan sinus parah. Seseorang yang memiliki penyakit asma akan memiliki daya tahan tubuh yang rendah, sehingga akan lebih mudah terkena polip hidung.

3. Rhinitis Alergi

Rhinitis alergi adalah peradangan atau penyumbatan pada bagian hidung. Alergi ini bisa disebabkan karena serbuk sari, debu dan bulu hewan yang menginfeksi hidung melalui udara. Alergi ini bisa menyerang seseorang dalam waktu yang lama. Sehingga orang yang memiliki alergi ini akan berisiko terkena polip hidung.

Gejala Penyakit Polip Hidung

Gejala penyakit polip ini harus diwaspadai segera. Karena jika tidak diwaspadai, penderita polip hidung akan sulit untuk bernapas. Gejala awal yang sering dialami adalah hidung sering berair dan terasa sangat penuh.

Biasanya orang yang memiliki polip hidung akan mengalami susah tidur, karena tidak dapat bernapas dan mendengkur saat tidur. Gejala lain yang bisa dirasakan saat mengalami polip hidung adalah hilangnya indera penciuman dan pengecap. Penderita polip hidung juga bisa mengalami gatal pada bagian mata.

Gejala parah lainnya, seseorang yang mengalami polip hidung dapat merasa nyeri pada gigi bagian atas dan pada seluruh wajah. Bahkan pada bagian kening akan terasa sangat nyeri dan sakit kepala tak kunjung sembuh. Ada juga yang mengalami gejala Postnasal drip atau di bagian belakang hidung dan tenggorokan mengalami kelebihan lendir.

Cara Menyembuhkan Polip Hidung dengan Bahan Alami

1. Daun Sirih

Cara mengobati polip hidung yang pertama adalah dengan daun sirih. Daun sirih sering kali digunakan untuk mengobati mimisan. Cara menggunakan daun sirih untuk mengobati polip hidung adalah dengan merebus daun sirih, daun cemara dan kunyit selama 10menit. Kemudian hirup uap air dari rebusan tersebut dan lakukan setiap hari.

2. Jeruk Nipis dan Jahe

Jeruk nipis dan jahe adalah bahan alami yang juga bisa menyembuhkan polip hidung. Kedua bahan alami ini bisa menyembuhkan peradangan. Cara menggunakannya cukup siapkan air perasan jeruk nipis dan campurkan dengan jahe yang telah dihaluskan. Rebus semua bahan hingga air mendidih. Lalu saring dan minum jamu secara rutin setiap pagi, siang dan malam hari.

3. Benalu Teh dan Kunyit

Terakhir, minumlah jamu yang terbuat dari benalu teh dan kunyit. Kedua bahan alami ini juga bisa membantu mengobati polip hidung secara alami. Cukup merebus kedua bahan ini, lalu saring dan minum secara rutin. Kamu bisa mengonsumsi jamu ini sehari dua kali.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading