Sukses

Health

5 Penyebab Pusing Setelah Olahraga yang Perlu Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu merasa sakit kepala atau pusing setelah olahraga? Setiap orang tentu akan mengalami beberapa efek yang berbeda setelah olahraga, selain itu rasa pusing atau sakit kepala yang dialami oleh setiap orang terkadang dapat mengganggu serta menghambat aktivitas harian mereka.

Beberapa orang yang mengalami pusing setelah olahraga terkadang dapat menandakan bahwa dirinya mengalami dehidrasi, selain itu dehidrasi yang dialami oleh setiap orang diperlukan minum air putih yang cukup.

Tak hanya dehidrasi, pusing yang dialami oleh beberapa orang setelah olahraga dapat disebabkan oleh beberapa hal yang mendasarinya seperti masalah kesehatan. Berikut beberapa penyebab pusing setelah olahraga yang kerap terjadi:

1. Paparan Sinar Matahari

Jika kamu adalah salah satu tipe seseorang yang jarang melakukan olahraga, terkadang akan merasakan beberapa penyebab serta gejala yang dapat membuat pusing dan tak nyaman. Terlalu lama terpapar sinar matahari setelah olahraga ternyata dapat dapat menyebabkan pusing, selain itu kamu juga perlu sesekali pindah ketempat yang lebih teduh agar tidak terkena sinar matahri secara langsung.

2. Kurangnya Aliran Oksigen ke Otak

Selain itu salah satu hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami pusing setelah olahraga adalah, kurangnya aliran oksigen ke otak. Ada beberapa orang yang melakukan olahraga berat seperti angkat beban, biasanya mereka akan kesulitan mengambil napas atau bahkan terengah-engah. Ternyata hal ini merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami kurangnya oksigen di otak, selain itu kondisi ini juga dapat disebabkan oleh teknik bernapas yang kurang tepat.

3. Teknik Olaharag yang Kurang Tepat

Coba mulai sekarang perhatikan apakah teknik olahraga yang kamu lakukan sudah tepat? Ketika seseorang mengalami salah gerakan atau mencoba beberapa gerakan baru yang belum pernah dicobanya terkadang akan mengalami ketegangan otot di leher maupun bahu. Hal inilah yang terkadang dapat menyebabkan sakit kepala setelah berolahraga.

4. Tekanan Darah Rendah

Jika kamu mengalami pusing tiba-tiba setelah olahraga bisa jadi hal ini dikarenakan tekanan darah yang rendah, ketika berolahraga tentu jantung akan bekerja lebih keras dari biasanya dan memompa darah lebih banyak. Hal inilah yang terkadang dapat membuat pembuluh darah melebar serta menampung kelebihan darah.

5. Dehidrasi

Selanjutnya salah satu hal yang membuat seseorang mengalami pusing setelah olahraga adalah dehidrasi, tentu saat berolahraga kita akan fokus terhadap beberapa hal seperti angkat beban atau berusaha untuk terus berlari. Padahal saat berolahraga sangat penting jika kita minum air putih agar tidak mengalami dehidrasi, tentu tubuh akan mengeluarkan banyak keringat saat berolahraga dan membuat kehilangan sejumlah cairan.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami pusing setelah olahraga. Masalah satu ini mungkin kerap sekali terjadi pada banyak orang, saat berolahraga sangat penting untuk membawa air putih agar tidak mengalami dehidrasi dan masalah lainnya.

What's On Fimela
Loading