Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Tidak Bisa Sit Up Saat Olahraga, Berikut Alasannya

Fimela.com, Jakarta Sit up merupakan salah satu jenis latihan dari olahraga yang dapat melatih kekuatan otot dan membuatnya menjadi lebih kencang. Selain itu sit up juga dapat dilakukan dimana saja, jadi kamu tak perlu khawatir jika akan melakukan olahraga satu ini. Biasanya sit up dilakukan untuk pemanasan olahraga adapula yang menggunakannya sebagai pendingin olahraga.

Sit up sendiri memiliki manfaat sebagai latihan untuk mengencangkan otot bagian perut, dilakukan dengan cara berbaring terlentang lalu mengangkat badan, selain itu latihan satu ini juga dapat melatih kekuatan otot rectus abdominis.

Pernahkah kamu mengalami kesulitan saat melakukan sit up? Biasanya seseorang yang tidak melakukan peregangan atau pemanasan terlebih dahulu sebelum olahraga akan embuat bagian tubuh terasa sangat sakit hal ini juga fatal karena dapat membuat seseorang cidera. Seseorang yang keseulitan untuk sit up biasanya akan merasa sakit pada bagian perut, berikut beberapa penyebab tidak bisa sit up saat olahraga:

1. Memiliki Otot Perut yang Lemah

Otot perut merupakan salah satu otot six-pack di bagian depan perut, otot inilah yang pertama kali dimulai saat kita akan mencoba melakukan sit up. Otot perut ini biasanya akan menjadi inti atau otot perut utama selama latihan sit up penuh, jika mereka terlalu melemah maka tidak dapat mengangkat tubuh bagian atas dari lantai.

2. Memiliki Otot Fleksor Pinggul yang Lemah

Otot fleksor pinggul yang terletak di bagian depan panggul mungkin terlalu lemah untuk mengangkat tubuh pada bagian bawah dari lantai. Otot ini biasanya akan membawa tubuh ke dalam area inti yang lebih dekat dengan paha, fleksor pinggul merupakan salah satu otot yang bekerja lebih banyak dalam sit up penuh daripada dalam krisis karena akan mengangkat selutuh tubuh dari lantai.

3. Memiliki Postur Tubuh yang Buruk untuk Sit Up

Jika kamu awalnya memulai dengan latihan postur yang buruk atau kurang baik, maka kamu akan menempatkan otot pada posisi yang buruk. Jika kamu telalu melengkung punggung bawah sehingga ketika kamu berbaring akan membuat bagian perut berada di posisi memanjang dan melemah untuk bekerja.

4. Memiliki Berat Badan yang Berlebih

Saat kamu melakukan sit up maka akan mengangkat massa tubuh dari tanah sehingga jika hal ini terlalu berat maka otot inti mungkin tidak dapat membuat kamu duduk dari tanah. Jika kamu kelebihan berat badan atau tidak terbiasa olahraga, melakukan sit up cukup sulit. Mungkin kamu dapat mengatasinya dengan sering berolahraga atau sering melakukan sit up.

5. Mengalami Cidera

Sit up penuh dapat memberi tekanan pada punggung dan daerah pinggul termasuk otot dan persendian, jika kamu memiliki cidera yang sudah ada sebelumnya pada bagian tubuh yang akan digunakan untuk melakukan sit up maka bersiaplah jika mengalami kesulitan atau mungkin kesakitan saat melakukan sit up.

Sit up meskipun mudah dilakukan tetapi jika kamu jarang melakukan olahraga atau tidak melakukan pemanasan sebelumnya tetap saja akan merasa sakit setelah melakukan sit up, karena ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelum melakukan sitp up. Olahraga satu ini juga dapat membuat otot bagian perut menjadi lebih kencang dan sehat.

What's On Fimela
Loading