Sukses

Health

5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Olahraga Sendiri di Rumah

Fimela.com, Jakarta Di tengah kesibukan atau rutinitas yang padat, kadang kita tak punya waktu untuk berolahrga di gym atau di luar rumah. Sehingga pilihan berolahraga di rumah menjadi pilihan yang paling efisien. Hanya saja ada beberapa hal penting yang tetap perlu kita perhatikan saat berolahraga sendiri di rumah.

Ada sejumlah tips yang perlu diikuti agar bisa lebih nyaman dan aman berolahraga di rumah. Selengkapnya simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Selalu Awali dengan Pemanasan

Melansir laman Lifehack.org, berolahraga dengan aman artinya selalu meluangkan waktu beberapa menit untuk pemanasan di awal berolahraga. Pemanasan bisa bantu mencegah cedera saat kita berolaharga. Selain itu, bisa membuat tubuh kita lebih nyaman saat berolahraga.

2. Akhiri dengan Pendinginan

Olahraga diawali dengan pemanasan, lalu diakhiri dengan pendinginan. Ketika selesai berolahraga, gunakan waktu beberapa menit di akhir untuk merilekskan kembali otot-otot tubuh. Pendinginan juga bantu mencegah tubuh tidak mengalami nyeri atau pegal-pegal berlebihan setelah berolahraga.

 

3. Tingkatkan Intensitas Olahraga Secara Bertahap

Misalnya, bila punya target mengikuti lari maraton dalam kurun waktu enam bulan, maka kita bisa meningkatkan intensitas latihan dan olahraga secara bertahap dari waktu ke waktu. Mungkin awalnya hanya jalan dan lari santai keliling komplek. Lalu, bisa ditingkatkan dengan lari mengelilingi lapangan.

4. Konsumsi Kudapan Kaya Protein

Siapkan kudapan atau camilan kaya protein untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Tujuannya adalah mengoptimalkan proses penyembuhan cedera otot-otot kecil yang biasanya terjadi saat olahraga. Selain itu, kudapan kaya protein juga bikin awet kenyang sehingga mencegah kita makan berlebihan.

 

 

5. Senantiasa Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Selalu sediakan botol air minum tiap kali berolahraga. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh bisa menjaga tubuh tetap bugar, mengantar nutrisi ke tubuh dengan lebih baik, dan mengatur suhu tubuh dengan lebih optimal juga.

Itu tadi lima hal penting yang perlu diperhatikan bila berolahraga sendirian. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading