Sukses

Health

3 Olahraga Terbaik untuk Ibu Hamil Agar Makin Sehat dan Bugar

Fimela.com, Jakarta Olahraga menjadi aktivitas yang penting dilakukan setiap orang tak terkecuali ibu hamil. Ya, ibu hamil sangat perlu melakukan olahraga agar tubuh makin sehat dan bugar. 

Selain membuat tubuh makin sehat dan bugar, olahraga selama kehamilan juga bermanfaat mempermudah persalinan nantinya. Tubuh yang sehat dan bugar, akan membuat momen persalinan semakin lancar dan mudah. 

Melansir dari laman netmums.com, sedikitnya ada tiga jenis olahraga yang direkomendasikan atau olahraga terbaik untuk ibu hamil. Para ahli percaya bahwa olahraga ini baik dilakukan ibu hamil di semua trimester baik itu trimester pertama, kedua atau pun ketiga. Apa saja olahraga terbaik untuk ibu hamil? Simak yang berikut ini.

Berjalan Kaki

Olahraga terbaik yang pertama ada berjalan kaki. Lakukan jalan kaki di setiap pagi hari menjelang terbitnya matahari untuk dapatkan manfaat yang lebih maksimal. Berjalan kaki menjadi olahraga ringan yang sangat direkomendasikan untuk ibu hamil terutama pada trimester kedua dan ketiga. 

Jalan kaki bermanfaat membuat tubuh makin bertenaga, bentuk badan tetap ideal, mencegah risiko diabetes dan tekanan darah tinggi selama kehamilan, menurunkan risiko stres, menurunkan risiko preeklampsia dan menurunkan risiko gangguan kesehatan Mom maupun janin selama kehamilan.

Yoga

Olahraga untuk ibu hamil selanjutnya adalah yoga. Yoga merupakan olahraga yang tak hanya menyehatkan fisik tetapi juga menyehatkan psikis. Yoga bisa membantu Mom merasa lebih nyaman dan bahagia selama menjalanin kehamilan. Beberapa gerakan ringan yoga juga bermanfaat memperkuat otot-otot di tubuh Mom.

Berenang

Olahraga ketiga yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah berenang. Olahraga ini membantu Mom memiliki tubuh yang lebih bugar. Ini juga bermanfaat meredakan stres atau pun depresi selama kehamilan. Berenang bahkan bermanfaat melancarkan sirkulasi darah, memperkuat otot rahim dan panggul, melayih organ tubuh untuk bekerja lebih aktif serta mengurangi retensi cairan. 

Itulah beberapa olahraga terbaik yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Hamil bukan alasan untuk malas olahraga ya Mom. Di momen kehamilan, Mom tetap harus memiliki gerak tubuh aktif. Tapi ingat, tetap hati-hati saat olahraga atau melakukan aktivitas apapun. Pastikan memiliki waktu istirahat dan konsumsi air putih cukup setiap harinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading