Sukses

Health

7 Manfaat Rebusan Daun Alpukat untuk Mengontrol Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Tak hanya buahnya saja yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Ternyata, daun alpukat juga memiliki kegunaan untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada beberapa penelitian yang mengungkapkan, kalau daun alpukat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Daun alpukat memiliki kandungan seng, mangan, kalsium, natrium, magnesium, besi, dan kalium. Di dalam daun alpukat, terdapat antioksidan dan serat yang tinggi. Daun alpukat dapat dinikmati dengan cara diminum.

Namun, agar khasiatnya lebih terasa, Sahabat Fimela bisa memanggang daun alpukat terlebih dahulu, sebelum merebus dengan air. Agar tidak penasaran dengan kegunaan daun alpukat, cek manfaat daun alpukat berikut ini. Ketahui juga cara mengolahnya:

Manfaat Rebusan Daun Alpukat

1. Mengontrol Kolesterol

Dalam tubuh terdapat kadar kolesterol baik dan jahat. Jika kandungan kolesterol jahat lebih banyak di dalam tubuh, maka akan mengakibatkan stroke dan gagal jantung. Kandungan dalam daun alpukat ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Menghilangkan Radikal Bebas

Daun alpukat juga dapat menghilangkan radikal bebar di dalam tubuh. Karena daun alpukat diperkaya dengan kandungan tinggi akan antioksidan. Sehingga daun alpukat akan membantu menjaga kesehatan tubuh.

3. Mengatasi Batu Ginjal

Batu ginjal dapat diatasi dan dicegah dengan mengonsumsi air rebusan daun alpukat. Kandungan alkaloid, flavonoid dan saponin, akan mempercepat penyembuhan batu ginjal. Batu ginjal akan pecah dengan sendirian, setelah rutin minum air rebusan daun alpukat.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi akan sangat berbahaya untuk tubuh. Karena tekanan darah tinggi berisiko menyebabkan serangan jantung dan stroke. Kegunaan daun alpukat bisa membantu mengontrol tekanan darah, dan mencegah penyakit jantung.

Manfaat Rebusan Daun Alpukat

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Jika Sahabat Fimela memiliki masalah pada sistem pencernaan, mengonsumsi air rebusan daun alpukat akan menjadi solusi terbaik. Kandungan di dalam daun alpukat dapat melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, daun alpukat akan menjaga kesehatan usus dan mengobati sakit maag.

6. Mencegah Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan karena kadar gula darah di dalam tubuh tinggi. Penyakit ini bisa menyerang segala usia dan wajib diwaspadai. Untuk mencegah diabetes dan mengurangi kadar gula di dalam tubuh, sebaiknya konsumsi daun alpukat secara rutin.

7. Mengatasi Insomnia

Bagi seseorang yang mengalami gangguan tidur atau insomnia, daun alpukat akan membantu mempercepat proses tidur dan mencegah insomnia. Daun alpukat mengandung serotonin dan limonene yang dapat menenangkan pikiran. Bahkan daun alpukat bisa memperbaiki suasana hati seseorang.

Resep Air Rebusan Daun Alpukat

Bahan:

  • 7 lembar daun alpukat segar
  • 110 ml air

Cara membuat:

  1. Cuci daun alpukat terlebih dahulu, dan rebus hingga air mendidih. Jangan tambahkan gula atau pemanis lainnya.
  2. Nikmati air rebusan daun alpukat saat hangat.
  3. Jamu ini bisa dikonsumsi 2 kali sehari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading