Sukses

Health

Benarkah Pola Hidup Terlalu Bersih Menyebabkan Anak Sering Sakit? Cek Faktanya

Fimela.com, Jakarta Para ahli menyarankan agar kita senantiasa menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan. Dengan menjaga kebersihan, kita bisa terhindar dari berbagai virus, bakteri atau penyakit yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Namun, beberapa orang justru beranggapan bahwa hidup yang terlalu bersih justru akan meningkatkan risiko penyakit dalam diri kita dan anak-anak di rumah. 

Mengutip dari laman parents.com, beberapa penelitian menemukan jika pola hidup yang terlalu bersih dan steril akan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian ini juga menemukan jika hidup yang terlalu bersih akan melemahkan imun tubuh. Lantas, benarkah dengan hal ini? Apa iya hidup bersih justru bikin sakit?

Hidup Terlalu Bersih dan Kekebalan Tubuh

Anggapan hidup terlalu bersih justru mengganggu kesehatan pertama kali datang dari seorang profesor bernama David Strachan tahun 1989. Hasil hipotesis kebersihan yang ia lakukan ditemukan jika orang-orang yang menjaga kesehatan tubuh, lingkungan dan sekitar dengan kelewat bersih akan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Kenapa demikian? 

Ini karena hidup terlalu bersih mengganggu tumbuh kembang bakteri dan kuman baik dalam tubuh. Saat bakteri dan kuman baik tidak berkembang dengan baik, anak yang terkena bakteri dan kuman jahat justru akan rentan sakit. Anak-anak juga akan rentan mengalami masalah kesehatan yang berhubungan dengan infeksi virus, bakteri serta kuman mengingat daya tahan tubuhnya tak mampu melawan serangan yang ada.

Mengutip dari laman Cleveland Clinic, hidup yang terlalu bersih ternyata meningkatkan risiko alergi dan asma bagi seseorang. Ini sesuai penelitian yang dilakukan para ahli dengan menemukan angka kejadian alergi dan asma di negara-negara berkembang.

Tips Hidup Bersih yang Baik dan Seimbang

Walau beberapa penelitian menemukan hidup terlalu bersih bisa menurunkan sistem imun. Ini tidak serta merta membuat kita harus mengabaikan kebersihan. Kita tetap harus menjaga kebersihan diri, lingkungan dan sekitar agar kesehatan senantiasa terjaga dengan baik. Beberapa penelitian lain justru menemukan jika hidup yang terlalu kotor, jamban dan sanitasi yang terlalu buruk berpengaruh pada risiko penyakit lain. 

Hidup bersih bisa dilakukan sewajarnya saja dengan menjaga kebersihan rumah, lantai dan lingkungan dengan rutin. Pastikan juga untuk mencuci tangan dengan sabun untuk menangkal penyebaran virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit. Tapi ingat, jangan mencuci tangan terlalu berlebihan semisal setiap satu jam sekali. Cuci tangan secukupnya saja setiap selesai beraktivitas atau keluar rumah. 

Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita senantiasa diberikan kesehatan yang baik.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading