Sukses

Health

Baik untuk Kesehatan, Ini 6 Manfaat Matikan Lampu saat Tidur Malam

Fimela.com, Jakarta Tidur menjadi kebutuhan setiap orang, pada umumnya orang dewasa membutuhkan setidaknya 8 jam tidur sehari. Sayangnya, sebagian besar orang mungkin mengalami gangguan tidur dan pada akhirnya mereka kurang mendapatkan waktu tidur. Selain stres, rasa sakit, tempat tidur dan kasur yang tidak nyaman, jumlah cahaya di dalam ruangan juga berperan besar dalam menentukan kualitas tidur.

Melansir dari myisense.com (5/8), berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa salah satu solusi untuk mencapai kualitas tidur yang terganggu adalah menjaga ruangan tetap gelap. Salah satu manfaat tidur di ruangan gelap adalah membantu Sahabat Fimela lebih mudah tertidur. Menurut pakar tidur, kegelapan membantu merangsang produksi melatonin, hormon yang membantumu tertidur dengan cepat.

Selain itu, kegelapan juga mendorong relaksasi yang membantumu tertidur dengan cepat. Otak sangat sensitif dan dapat mendeteksi cahaya sekecil apa pun dan menghentikan produksi melatonin, yang berperan besar dalam membantu mendapatkan tidur yang berkualitas. Lalu apa saja manfaat lain dari tidur dengan mematikan lampu? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Meningkatkan Kesehatan

Ini mungkin mengejutkan banyak orang, tetapi itu benar. Tidur dalam kegelapan dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Beberapa penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa tidur dalam cahaya dapat meningkatkan berat badan hingga 50%.

Menurut para ahli, cahaya dapat mengubah proses metabolisme tubuh dengan memperlambatnya. Artinya, tubuh tidak akan mampu mengubah lemak menjadi energi. Hal ini dapat menyebabkan penambahan berat badan. Di sisi lain, tidur di ruangan gelap meningkatkan metabolisme yang cepat, yang berarti tubuhmu akan membakar lebih banyak kalori, sehingga memungkinkan kamu untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

2. Menurunkan Kemungkinan Terkena Diabetes

Sebuah penelitian yang dilakukan di sekolah kedokteran Universitas Northwestern Feinberg dan diterbitkan dalam jurnal ilmiah mengungkapkan bahwa tidur dalam kegelapan dapat membantu mengurangi peluang terkena diabetes tipe 2. Studi ini menemukan bahwa tidur dalam cahaya dapat menyebabkan resistensi insulin, sehingga meningkatkan peluang terkena diabetes. Studi tersebut merekomendasikan bahwa orang harus tidur di ruangan gelap untuk menurunkan peluang mereka terkena penyakit mematikan ini.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

Tidur di ruangan gelap membantu meningkatkan fokus mental. Ini memungkinkanmu untuk mendapatkan kualitas tidur tanpa gangguan setidaknya selama 6 jam, sehingga meningkatkan fokus mental dan kewaspadaan di siang hari. Menurut para ahli tidur, setiap siklus tidur membutuhkan waktu sekitar 90 menit. Ini berarti kamu membutuhkan setidaknya enam jam untuk menyelesaikan semua siklus tidur. Tidur dalam gelap akan memastikanmu menyelesaikan semua siklus tidur, sehingga meningkatkan fokus mental. Mendapatkan tidur yang berkualitas juga membantu mengurangi kemungkinan menderita penyakit kesehatan mental seperti Depresi, kecemasan, dan stres.

4. Membantu Mengatasi Produksi Melatonin

Melatonin adalah salah satu hormon yang paling penting dalam tubuh manusia. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pineal di malam hari dan berfungsi sebagai isyarat waktu untuk jam biologis dan juga membantu meningkatkan kualitas tidur. Tingkat melatonin yang tepat diperlukan untuk mendapatkan tidur berkualitas tinggi di malam hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa melatonin paling baik diproduksi saat tidur dalam gelap.

Jika kamu tidur saat terkena cahaya, kamu dapat menunda atau mengurangi produksi melatonin, yang pada gilirannya dapat mengganggu siklus tidurmu. Selain mendorong tidur yang sehat, melatonin juga membantu mengatur hormon lain dalam tubuh, termasuk yang mempengaruhi siklus menstruasi perempuan. Penelitian juga menunjukkan bahwa produksi melatonin yang normal juga membantu mengurangi risiko obesitas, diabetes, dan sarkopenia.

5. Memberikan Kelembaban Pada Mata

Selain membantumu mendapatkan tidur malam yang nyenyak, tidur dalam gelap juga memberikan kelegaan yang sangat dibutuhkan mata. Kegelapan penting bagi mata karena membantu melindungi mereka dan juga memastikan bahwa mereka beristirahat dengan benar. Itu sebabnya anak-anak yang tidur di ruangan gelap lebih kecil kemungkinannya untuk menderita kondisi mata seperti miopia.

6. Melindungi Kulit dari Penuaan Dini

Apakah kamu ingin kulitmu terlihat lebih muda bahkan seiring bertambahnya usia? Jika ya, maka kamu perlu tidur di kamar yang gelap. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur dalam gelap membantu meningkatkan regenerasi sel yang membantu menjaga kulitmu lebih muda. Ketika tubuhmu dalam keadaan istirahat total, regenerasi sel ditingkatkan, yang pada gilirannya membantu memperlambat proses penuaan.

Tak perlu takut untuk tidur diruang yang gelasp, justru ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Well, masih ragu untuk tidur dengan kamar yang gelasp?

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading