Sukses

Health

3 Cara Tidur Cepat dalam 30 Detik dan Penyebab Insomnia

Fimela.com, Jakarta Apakah akhir-akhir ini Sahabat Fimela sering merasa mengantuk? Seseorang yang sering mengantuk biasanya disebabkan karena kurang tidur atau mengalami insomnia. Hal ini harus segera diatasi agar kualitas tubuh tetap terjaga.

Umumnya, tidur yang berkualitas adalah selama 7 hingga 9 jam, maksimal pada pukul 10 malam. Akibat dari insomnia adalah menjadi tidak fokus dalam bekerja, tubuh terasa sangat lelah, dan tentu saja akan berisiko menyebabkan penyakit. Maka gangguan tidur ini harus segera diatasi.

Sebenarnya insomnia bisa sembuh dengan melakukan terapi insomnia oleh ahli. Insomnia juga bisa disembuhkan secara alami dengan mengonsumsi makanan yang sehat, serta melakukan aktivitas yang positif seperti olahraga dengan rutin. Namun, jika ingin cepat tidur, berikut cara tidur cepat dalam 30 detik dan ketahui penyebab insomnia yang jarang disadari:

Penyebab Insomnia

1. Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti terlalu banyak makan yang membuat perut kekenyangan, ternyata bisa menyebabkan insomnia. Selain itu, terlalu banyak menggunakan komputer, smartphone dan menonton televisi, tanpa disadari juga menyebabkan insomnia. Bahkan jadwal tidur yang kurang teratur karena sering lembur dapat menyebabkan insomnia. Sebaiknya hindari kebiasaan buruk ini, agar kualitas tidurmu lebih baik dan tubuh tetap sehat.

2. Sering Minum Kopi

Kopi memiliki kandungan kafein yang bisa membantu menambah energi. Namun terlalu sering minum kopi bisa menyebabkan seseorang menjadi insomnia atau mengalami gangguan tidur. Apalagi jika minum kopi pada malam hari sebelum tidur.

3. Tubuh Terasa Nyeri

Insomnia bisa disebabkan karena seseorang mengalami sakit di seluruh tubuh. Nyeri diseluruh tubuh ini bisa disebabkan karena adanya perubahan hormon pada saat haid atau hamil, gangguan otot dan sendi, dan gangguan berkemih. Bahkan gangguan pencernaan dan gangguan pernapasan juga dapat mempengaruhi kualitas tidur.

Penyebab Insomnia yang Selanjutnya

4. Sering Minum Alkohol

Seperti yang kita ketahui, alkohol adalah minuman yang tidak baik untuk dikonsumsi. Minuman ini bisa menyebabkan seseorang tidur tidak nyenyak dan mengalami insomnia. Orang yang sering minum alkohol akan lebih sering buang air kecil, sehingga membuatmu terbangun terus menerus pada saat tidur. Alkohol juga menyebabkan pikiran menjadi tidak tenang, dan memperparah gangguan tidur yang sedang dialami.

5. Efek Samping Obat-Obatan

Mengonsumsi obat-obatan tertentu, bisa memicu risiko insomnia. Kalau kamu memiliki gejala insomnia, sebaiknya hindari obat-obatan seperti antidepresan, obat asma, obat dekongestan, obat tekanan darah tinggi, dan obat yang mengandung kafein. Konsultasikan kepada dokter sebelum mengonsumsi obat tersebut.

6. Terlalu Banyak Pikiran

Jika sedang memiliki banyak pikiran, hal ini akan memperburuk kondisi tidur. Ada banyak hal yang bisa membuat seseorang menjadi stres dan terlalu banyak pikiran. Saat terlalu banyak pikiran, otak akan kembali aktif dan hal ini yang menyebabkan insomnia.

Cara Tidur Cepat dalam 30 Detik

1. Relaksasi Otot

Cara tidur cepat yang pertama adalah dengan relaksasi otot. Dengan melakukan relaksasi otot, maka otot yang tegang akan menjadi lebih rileks, dan kualitas tidur akan terjaga dengan baik. Pertama, regangkan otot dari bagian kepala, dilanjutkan bagian leher, bahu, tubuh, tangan, kaki, jari tangan dan kaki.

2. Menghitung Napas

Menghitung napas juga bisa dijadikan sebagai cara tidur cepat. Sahabat Fimela bisa menutup kedua mata sebelum tidur, kemudian tarik napas dalam-dalam, tahan napas selama beberapa detik. Kemudian hembuskan napas dengan menghitungnya. Hal ini sama seperti yang dilakukan saat sedang melakukan yoga.

3. Mendengarkan Lagu Tidur

Cara tidur cepat yang terakhir adalah dengan mendengarkan lagu tidur. Pastikan untuk mematikan lampu tidur, sehingga kondisi kamar tidur sangat gelap. Lalu jernihkan pikiran sambil meditasi, lepaskan segala pikiran negatif yang ada.

Loading