Sukses

Health

5 Penyebab Insomnia pada Remaja yang Perlu Diwaspadai Beserta Pencegahannya

Fimela.com, Jakarta Penyebab insomnia penting untuk diketahui bagi kamu yang memiliki gangguan tidur, apalagi jika kamu masih remaja. Insomnia ini tak boleh diabaikan karena akan berakibat terhadap kondisi kesehatan kamu. Kondisi kesehatan kamu tentunya akan terganggu karena pola tidur kamu yang tidak baik lantaran menderita insomnia. 

Insomnia merupakan suatu gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit untuk tidur, atau tidak cukup tidur, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Sulit tidur ini menyebabkan penderitanya menjadi tidak prima untuk melakukan segala aktivitas besok paginya. Oleh sebab itu, penyebab insomnia harus diketahui agar segera diatasi.

Tidur merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting bagi kondisi tubuh kamu. Tidur tentunya dapat membantu menambah stamina kamu untuk memulai hari dan beraktivitas seharian. Pola tidur yang tidak baik akan berdampak terhadap kondisi kesehatan kamu yang menurun. Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang penyebabnya harus segara diatasi.

Untuk itu, Fimela.com telah merangkum setidaknya 5 penyebab insomnia pada remaja yang perlu diwaspadai beserta cara mengatasinya. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Mengalami Stres

Stres merupakan penyebab insomnia pada remaja yang paling umum terjadi. Kekhawatiran berlebih terhadap pekerjaan sekolah ataupun kantor menyebabkan kamu banyak pikiran kemudian setres dan mengalami susah tidur. Kamu harus menenangkan pikiran kamu sebelum beranjak tidur, atau kamu bisa mengonsumsi makanan sehat yang menjadi referensi untuk mengatasi stres tersebut.

Kebiasaan Tidur yang Buruk

Penyebab insomnia yang berikutnya yakni memiliki kebiasaan tidur yang buruk. Kebiasaan tidur yang buruk seperti jadwal tidur yang tidak teratur, aktivitas merangsang sebelum tidur, lingkungan tidur yang tidak nyaman, dan menggunakan tempat tidur untuk bekerja atau mengerjakan tugas. Apabila kamu sudah memiliki kebiasaan tidur yang buruk tentunya secara perlahan akan menyebabkan kamu insomnia atau mengalami gangguan tidur. Oleh sebab itu, penting untuk kamu menerapkan pola hidup sehat agar waktu tidur kamu tidak terganggu.

Pengaruh Kafein, Nikotin, Alkohol

Penyebab insomnia pada remaja berikutnya yakni kafein, nikotin, dan alkohol. Kopi, teh, cola, dan minuman berkafein lainnya adalah stimulan. Meminumnya di sore atau malam hari dapat membuat susah tidur di malam harinya. Nikotin dalam produk tembakau adalah stimulan lain yang dapat mengganggu tidur. Sementara alkohol dapat membantu kamu tertidur, tetapi mencegah tahap tidur yang lebih dalam dan sering menyebabkan terbangun di tengah malam.

Oleh sebab itu, kamu harus mengindari kafein, nikotin ataupun alkohol ini sebelum kamu tidur karena akan mengganggu tidur kamu dan tidak membuat kamu tidur nyenyak.

Depresi atau Gangguan Cemas

Penyebab insomnia pada remaja selanjytnya yakni bisa disebabkan dari Depresi atau gangguan cemas. Apabila kamu sering mengalami gangguan cemas berlebihan, harus segera diatasi karena akan mengganggu waktu tidur kamu. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi depresi yakni dengan berlatih memerangi setiap pikiran negatif yang datang dengan menggunakan logika. Dengan demikian kamu akan mengembangkan kemampuan toleransi dan mengatasi masalah dengan perilaku yang lebih positif dan sehat.

Efek Mengonsumsi Obat-obatan

Penyebab insomnia pada remaja yang umum terjadi juga diakibatkan karena mengonsumsi obat-obatan. Beberapa obat-obatan ada yang akan membuat tidur kamu menjadi terganggu. Banyak obat resep dapat mengganggu tidur, seperti antidepresan tertentu dan obat untuk asma atau tekanan darah. Banyak obat yang dijual bebas seperti beberapa obat penghilang rasa sakit, alergi dan obat flu, dan produk penurun berat badan—mengandung kafein dan stimulan lain yang dapat mengganggu tidur.

Cara Mencegah Insomnia

Penyebab insomnia harus diketahui sejak dini dan tak boleh diabaikan. Kamu bisa mencegah insomnia atau gangguan tidur ini dengan menerapkan beberapa tips :

- Cobalah tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi. Usahakan untuk tidak tidur siang, karena tidur siang bisa membuat kamu kurang mengantuk di malam hari.

- Hindari penggunaan ponsel atau perangkat elektronik lainnya sebelum tidur. Kondisi ini bisa membuat kamu lebih sulit untuk tertidur.

- Atur waktu olahraga. Usahakan untuk tidak berolahraga menjelang waktu tidur, karena dapat membuat Anda sulit untuk tertidur. Para ahli menyarankan untuk tidak berolahraga setidaknya tiga hingga empat jam sebelum waktu tidur.

- Jangan makan makanan berat di malam hari. Namun, camilan ringan sebelum tidur dapat membantu kamu tidur.

- Cobalah untuk bersantai sebelum tidur, bisa dengan membaca buku, mendengarkan musik, atau mandi.

- Jika kamuA tidak bisa tidur dan tidak merasa mengantuk, lakukan sesuatu yang tidak terlalu merangsang sampai kamu merasa mengantuk.

Loading
Artikel Selanjutnya
9 Arti Mimpi Pocong dan Hantu Lainnya yang Menyeramkan
Artikel Selanjutnya
9 Arti Mimpi Melihat Mayat yang Bikin Merinding