Sukses

Health

10 Tips untuk Dapatkan Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas

Fimela.com, Jakarta Tidur merupakan salah satu aktivitas yang penting untuk setiap orang. Tidur dengan waktu cukup dan berkualitas akan membantu seseorang memiliki kesehatan fisik dan psikis yang lebih baik. Tidur yang cukup dan berkualitas juga akan memungkinkan seseorang terhindar dari berbagai penyakit mematikan. Ini bahkan bermanfaat mencegah obesitas, serangan jantung, depresi hingga diabetes. 

Meski memiliki waktu tidur cukup dan berkualitas sangat penting, nampaknya tidak sedikit orang yang kurang bisa merasakan kenyamanan dalam tidurnya. Memiliki waktu tidur cukup banyak tidak menjamin seseorang memiliki kualitas tidur yang baik.

Alasan Kualitas Tidur Seseorang Buruk

Mengutip dari laman bustle.com, Dr. Jennifer Mundt, PhD, asisten profesor Neurologi dan Psikiatri mengungkapkan jika banyak orang tidak bisa mendapatkan tidur nyenyak saat malam meski ia telah memiliki banyak waktu untuk tidur. Ada beragam hal yang membuat seseorang kesulitan tidur nyenyak. Dan hal yang paling umum adalah kecemasan dari dalam diri sendiri. 

Selain kecemasan, beragam hal lain yang menyebabkan seseorang kesulitan dapatkan tidur nyenyak adalah kelenjar tiroid yang terlalu aktif sehingga menimbulkan ketidaknyamanan, lapar, stres dan kecemasan, konsumsi kafein dan minuman bersoda yang terlalu berlebihan, terlalu lelah hingga naiknya asam lambung. Kuaitas tidur yang buruk juga disebabkan oleh suasana tempat tidur yang kurang nyaman, lingkungan yang terlalu bising dan kotor.

Bagaimana Caranya Agar Tidur Lebih Nyenyak?

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapatkan tidur lebih nyenyak di malam hari. Cara ini bisa mulai kamu terapkan malam ini dan coba di rumah. Apa saja caranya? Simak yang berikut ini. 

  1. Terapkan pola tidur yang sama setiap hari. Terbiasa tidur di jam yang sama akan membantu tubuh untuk mengenali jam tidur atau istirahatnya dengan sendiri. 
  2. Hindari tidur siang terlalu lama. Hindari juga tidur di waktu menjelang senja tiba. Ini akan membuatmu semakin sulit untuk tidur nyenyak saat malam. 
  3. Kurangi konsumsi kafein secara berlebihan.
  4. Lawan rasa kantuk yang menyerang setelah makan malam. Untuk melawannya, kamu bisa menyibukkan diri dengan hal-hal yang bisa membuatmu tetap terjaga. 
  5. Pastikan memiliki tempat tidur yang nyaman, bersih dan harum. Semakin optimal kenyamanan yang ditawarkan oleh tempat tidurmu, akan semakin berkualitas tidur yang kamu punya. 
  6. Hindari makan malam terlalu malam. Tidur sesaat setelah malam sangat berisiko buat kesehatan dan meningkatkan risiko ketidaknyamanan selama tidur. Sebaiknya makan malam kurang dari 2 - 3 jam sebelum tidur. 
  7. Kenakan pakaian yang nyaman, bersih dan hangat. Pakaian yang nyaman akan membuatmu juga lebih nyaman saat tidur. 
  8. Mandi air hangat sebelum tidur. Ini bisa membuat tubuh lebih rileks dan tidur pun semakin nyenyak. 
  9. Kelola stres dengan baik. Hindari memikirkan segala hal secara berlebihan. 
  10. Miliki olahraga yang teratur setiap harinya. Tubuh bugar karena olahraga akan membantumu memiliki tidur yang lebih baik. 

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk dapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Saat tidur, usahakan juga untuk mematikan lampu dan  menciptakan suasana yang sejuk agar kualitas tidur lebih baik lagi. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading