Sukses

Health

Kenapa Berat Badan Rentan Naik Saat Stres? Ini Alasannya

Fimela.com, Jakarta Stres atau kecemasan merupakan hal yang wajar dialami setiap orang. Meski hal ini adalah hal yang wajar, pastikan untuk mengelola stres dengan baik. Saat pikiran stres, ini tidak hanya berpengaruh pada psikis atau pola pikir saja. Ini juga memiliki pengaruh besar terhadap fisik. 

Studi menemukan jika pikiran yang terlalu stres memiliki dampak yang buruk buat kesehatan. Ada beragam masalah kesehatan yang sangat berisiko menyerang ketika pikiran kita stres. Para ahli bahkan percaya jika stres bisa membuat seseorang mengalami kenaikan badan yang signifikan. 

Bagaimana bisa stres menaikkan berat badan? Bukankah stres membuat seseorang tidak nafsu makan dan kemudian ia menjadi kurus? Mengutip dari laman verywellmind.com, stres meningkatkan risiko kenaikan berat badan yang lebih besar dibandingkan menurunkan berat badan.

Alasan Stres Bisa Menaikkan Berat Badan

Saat stres seseorang bisa memiliki pola makan yang buruk. Beberapa orang yang dilanda stres akan lebih mungkin sering melewatkan waktu makan. Ia juga lebih rentan memilih aneka makanan yang kurang sehat. Inilah yang kemudian berpengaruh pada berat badan tubuh. Bagi beberapa orang stres bisa memicu berat badan turun tapi bagi beberapa orang lainnya, stres justru memicu kenaikan berat badan. 

Saat dilanda stres, seseorang bisa saja makan dalam jumlah porsi besar tapi ia tetap merasa lapar. Ini karena stres cenderung membuat pikiran kurang fokus dan rentan lelah. Saat pikiran kurang fokus dan lelah, ini memicu meningkatkan nafsu makan. 

Beberapa orang lain yang dilanda stres bisa saja makan di jam-jam yang tak seharusnya misal makan di waktu yang terlalu malam dan memilih aneka makanan yang berlemak, mengandung gula berlebih juga garam karena makanan ini bisa membuat perasaan lebih nyaman selama stres. Inilah yang kemudian membuat berat badan rentan naik saat stres melanda. 

Bahaya Stres untuk Kesehatan

Selain obesitas atau naiknya berat badan, stres yang berlebihan bisa memicu beragam masalah kesehatan lainnya. Aneka masalah kesehatan tersebut mulai dari depresi, serangan jantung, ginjal, diabetes, naiknya tekanan darah bahkan penyumbatan pembuluh darah. Stres juga bisa memicu melemahnya daya pikir dan meningkatkan risiko alzeimer saat usia lanjut. 

Mengingat ada beragam risiko buruk dari stres, pastikan Sahabat Fimela untuk mengelola stres dengan baik. Pastikan juga untuk berusaha senantiasa bahagia demi dapatkan tubuh yang lebih sehat dan pikiran yang lebih cemerlang. Usahakan untuk memiliki pola hidup sehat, olahraga dan istirahat cukup setiap harinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading