Sukses

Health

6 Bahan Alami yang Dapat Memutihkan Gigi

Fimela.com, Jakarta Memiliki senyuman indah dengan gigi yang putih dan bersih adalah impian bagi semua orang. Gigi yang putih dan bersih dapat menunjang penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Tak heran banyak orang yang mengupayakan berbagai hal untuk mendapatkan gigi yang putih dan bersih.

Ada banyak cara yang dilakukan untuk dapat memutihkan gigi. Salah satunya dengan bahan alami. Memutihkan gigi dengan bahan alami yang bisa menjadi salah satu opsi yang tepat jika kamu ingin memutihkan gigi dengan praktis dan ekonomis karena kamu tidak perlu ke dokter gigi. Kamu bisa melakukannya di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari dan relatif murah.

Apa saja bahan-bahan alami yang bisa bantu memutihkan gigimu dan bagaimana caranya? Yuk simak penjelasan dibawah ini.

1. Arang Kayu

Bahan alami yang pertama yang bisa kamu coba untuk menghilangkan noda kuning pada gigi adalah arang kayu. Arang kayu mengandung alkali yang dapat membantu mengikis noda kuning pada gigi agar gigi kamu tampak terlihat lebih putih.

Cara memutihkan gigi menggunakan arang kayu cukup mudah. Yang pertama kamu perlu menghaluskan arang kayu sampai berbentuk bubuk. Taruh bubuk arang kayu pada jari atau sikat gigi. Lalu gosok gigimu dengan lembut secara merata selama 1-2 menit. Kemudian bilas mulutmu sampai bersih.  Lakukan beberapa kali dalam seminggu sampai kamu melihat hasil yang signifikan.

Hal yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan arang kayu sebagai bahan untuk memutihkan gigi adalah jangan menggunakan arang kayu dalam jumlah yang banyak. Gunakanlah secukupnya. Arang kayu bisa bersifat abrasif dan merusak enzim pelindung gigi.

 

2. Kulit Jeruk

Cara alami untuk memutihkan gigi selanjutnya adalah dengan cara menggunakan kulit jeruk. Senyawa limonene yang terkandung pada kulit jeruk dipercaya dapat membantu memutihkan gigi.

Untuk kamu yang memilih menggunakan kulit jeruk sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi, kamu bisa ambil bagian dalam dari kulit jeruk yang bewarna putih. Gunakanlah bagian dalam kulit jeruk tersebut untuk menggosok gigi kamu selama 1-2 menit. Lalu jika sudah kamu bisa menggosok gigimu seperti biasa dengan pasta gigi. 

3. Cuka Sari Apel

Bahan alami selanjutnya yang bisa bermanfaat untuk memutihkan gigi adalah cuka sari apel. Cuka sari apel mengandung asam asetat, kalium, dan magnesium yang dapat membantu menghilangkan noda pada gigi agar gigi terlihat lebih putih.

Cara menggunakan cuka sari apel untuk memutihkan gigi cukup mudah yaitu dengan menampurkan 1-2 sendok makan cuka sari apel ke dalam secangkir air. Lalu kumur-kumur dengan campuran tersebut selama kurang lebih 1 menit. Kemuadian kamu bisa bilas mulutmu dengan air sampai bersih.

4. Bubuk Kunyit

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi adalah bubuk kunyit. Kunyit mengandung kurkumin yang mampu membersihkan plak dan bakteri pada gigi.

Untuk kamu yang ingin menggunakan bubuk kunyit sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi, caranya cukup simpel. Kamu tinggal basahi sikat gigi, balurkan secukupnya bubuk kunyit pada sikat gigi kamu. Setelah itu, kamu bisa menyikat gigimu dengan bubuk kunyit tersebut. Setelah menyikat gigimu dengan bubuk kunyit secara merata, diamkan hingga kurang lebih lima menit dan berkumurlah. Selanjutnya, sikat kembali gigi kamu dengan pasta gigi yang biasa kamu pakai. Lakukan secara rutin sampai kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.

 

5. Daun Sirih

Bahan alami berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan gigi adalah daun sirih. Daun sirih telah digunakan bertahun-tahun sebagai bahan untuk menguatkan gigi, membersihkan gigi, dan memutihkan gigi secara alami.

Cara menggunakan daun sirih untuk memutihkan gigi adalah dengan mengunyah atau merebusnya kemudian digunakan untuk berkumur. Kamu juga bisa menumbuk daun sirih dan menggosokannya ke gigi secara merata.

6. Siwak

Bahan alami terakhir yang dapat kamu coba untuk memutihkan gigimu adalah siwak. Siwak memiliki fungsi untuk membersihkan dan melindungi gigi.  Siwak dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada gigi, mengikis plak, mencegah gigi berlubang, dan memutihkan gigi.

Cara memutihkan gigi menggunakan siwak sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menggosokkan batang siwak secara merata ke gigi. Lakukan hal ini secara rutin sebanyak 2-3 kali sehari.

Itulah enam bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk memutihkan gigi agar senyummu tampak lebih indah dan kamu bisa lebih percaya diri. Semoga bermanfaat ya sahabat Fimela.

Penulis: Diah Ayu V.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading