Sukses

Health

Apa Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan? Cek Di Sini

Fimela.com, Jakarta Sakit tenggorokan sangat umum dan dapat terjadi oleh siapapun, hal satu ini tentu sering membuat banyak orang merasa sangat khawatir. Tentu akan ada banyak penyebab seseorang mengalami sakit tenggorokan yang kerap sekali terjadi.

Terkadang saat mengalami sakit pada tenggorokan akan menemukan rasa sakit di bagian kerongkongan terutama saat menelan makanan. Menelan yang terasa sangat sakit tentu menjadi masalah umum yang kerap terjadi.

Gejala satu ini tentu memiliki kemungkinan banyak penyebab, selain itu kesulitan untuk menelan juga dapat menunjukkan adanya infeksi maupun reaksi alergi. Berikut beberapa penyebab sakit tenggorokan sakit yang kerap terjadi:

1. Infeksi Pilek, Flu, atau Sinus

Sakit tenggorokan tentu akan menyebabkan rasa sakit yang tidak nyaman terutaman saat menelan makanan, seringkali hal ini disebabkan oleh beberapa sakit yang umum.

2. Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan dapat terjadi karena adanya infeksi pada bakteri dan sangat menyakitkan serta dapat terjadi oleh siapa saja. Tanda lain dari radang sendiri tidak memiliki gejala pilek yang biasa. Biasanya radang tenggorokan dapat membuat seseorang merasakan demam atau adanya pembengkakan kelenjar getah bening di bagian leher.

3. Menelan Pil atau Makanan

Obat-obatan atau beberapa makanan yang dikonsumsi terkadang dapat menyebabkan adanya masalah pada antibiotik. Tak hanya obat-obatan ternyata beberapa makanan yang dikonsumsi dapat memperburuk rasa sakit pada tenggorokan dan kesulitan untuk menelan makanan.

4. GERD

GERD sendiri merupakan penyakit dengan efluks gastroesofageal yang dapat menyebabkan beberapa masalah seperti mulas dengan nyeri dada pada bagian tenggorokan, rasa asam di bagian mulut, kesulitan menelan, atau suara yang serak.

Cara Mengatasi Tenggorokan Skait

Tentu sakit tenggorokan dan kesulitan untuk menelan makanan dapat diatasi dengan beberapa cara seperti di bawah ini:

  • Minum cairan yang banyak.
  • Minum cairan yang hangat seperti teh dan campuran madu.
  • Menghindari beberapa zat yang dapat memperburuk kondisi tenggorokan.

Nah, itulah beberapa penyebab tenggorokan sakit dan sulit untuk menelan makanan yang kerap sekali terjadi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading