Sukses

Health

5 Makanan Penyebab Susah Buang Air Besar yang Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Susah buang air besar bisa membuat sebagian orang menjadi tidak nyaman. Penyakit ini bisa disebut dengan sembelit atau konstipasi. Kondisi ini terjadi karena adanya penyumbatan pada usus besar atau rektum, serta adanya gangguan pada saraf di sekitar usus besar dan rektum.

Penyakit ini dapat dipengaruhi atau disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat, seperti asal-asalan dalam mengonsumsi makanan. Selain susah buang air besar, sembelit dapat menyebabkan gejala nyeri pada saat BAB, tekstur feses menjadi sangat keras, dan perut tidak nyaman. Tentu saja hal ini akan membuat seseorang menjadi tidak bisa beraktivitas.

Sebenarnya penyakit sembelit bisa sembuh dengan sendirinya, jika melakukan pola hidup yang sehat. Namun, kalau penyakit ini tidak sembuh dalam waktu lama, ada baiknya untuk segera melakukan konsultasi pada dokter. Berikut makanan penyebab susah buang air besar yang jarang disadari:

Makanan Penyebab Susah Buang Air Besar

1. Bunga Kol

Bunga kol merupakan makanan sehat, tapi bisa menyebabkan gangguan sistem pencernaan, seperti sakit sembelit atau konstipasi. Bunga kol memiliki kandungan gula kompleks yang susah dicerna oleh sistem pencernaan sehingga membuat seseorang susah buang air besar. Bunga kol termasuk sayuran yang memiliki kandungan serat tinggi yang tidak hancur sampai ke usus. Hal ini dapat menyebabkan produksi gas meningkat.

2. Bawang Bombai

Bawang bombai biasanya digunakan sebagai bahan masakan. Bawang bombai memiliki aroma harum, dan membuat masakan menjadi lebih sedap. Tapi ternyata mengonsumsi bawang bombai, bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan, seperti sakit sembelit.

3. Kacang-kacangan

Jika kamu sedang memiliki gangguan pada sistem pencernaan, usahakan hindari mengonsumsi kacang-kacangan, agar tidak susah buang air besar. Kacang-kacangan memiliki kandungan yang tinggi serat. Sehingga susah untuk dicerna oleh sistem pencernaan pada saat sakit sembelit.

Makanan Penyebab Susah Buang Air Besar

4. Daging Merah

Makanan penyebab susah buang air besar selanjutnya adalah daging merah. Daging merah memiliki kandungan yang tinggi lemak, hal inilah yang menyebabkan sembelit. Pada saat perut sedang sakit atau sedang mengalami gangguan pencernaan sebaiknya hindari untuk mengonsumsi daging merah. Kandungan rendah serat dan tinggi lemak yang terdapat pada daging merah akan membuat tekstur BAB menjadi lebih keras, sehingga menyebabkan sakit sembelit.

5. Makanan Berlemak

Makan berlemak bisa menjadi penyebab susah buang air besar. Karena makanan berlemak memiliki kandungan yang tinggi akan kolesterol jahat. Makanan berlemak biasanya terdapat pada gorengan, jeroan, daging merah, dan semacamnya.

Cara Mencegah Susah Buang Air Besar

1. Konsumsi Air Putih

Tubuh yang mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi akan sangat mudah mengalami konstipasi atau sembelit. Sehingga konsumsilah air putih minimal 2 liter setiap hari. Tubuh memerlukan cairan untuk membantu usus besar mengolah sisa makanan menjadi feses, dan melancarkan proses buang air besar. Tubuh yang kekurangan cairan, akan membuat feses menjadi keras, dan mengakibatkan susah buang air besar.

Tidak hanya mengonsumsi air putih saja. Imbangi juga dengan mengonsumsi buah yang mengandung air, dan makan makanan berkuah. Namun jangan mengonsumsi minuman yang bersoda atau mengandung alkohol, karena bisa menyebabkan konstipasi.

2. Rajin Olahraga

Tubuh yang jarang bergerak atau kurang olahraga akan lebih mudah terkena konstipasi. Olahraga bisa membantu tubuh menyerap makanan lebih baik, dan membuat usus tetap aktif bergerak. Usus yang aktif bergerak, bisa membantu proses pencernaan makanan menjadi lebih cepat, sehingga mengurangi risiko susah buang air besar. Sebaiknya lakukan olahraga dengan intensitas sedang secara rutin selama 20 hingga 30 menit setiap harinya.

3. Konsumsi Probiotik

Konsumsilah makanan atau minuman yang mengandung probiotik, seperti yogurt. Makanan yang mengandung probiotik memiliki bakteri baik yang membantu proses pencernaan, sehingga tidak menyebabkan susah buang air besar. Selain membantu mengatasi konstipasi, makanan yang mengandung probiotik bisa membantu mencegah radikal bebas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading