Sukses

Health

5 Manfaat Buah Pisang yang Perlu Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Buah yang termasuk dalam salah satu buah tropis ini sudah akrab dengan masyarakat. Bentuknya yang panjang serta warna kuning yang cerah adalah identitasnya yang mudah dikenali. Hampir semua orang suka mengkonsumsi buah pisang. Tekstur yang lembut serta rasa manis menjadi perpaduan yang pas. 

Pisang dapat diolah menjadi ragam jenis makanan, sebagian besar untuk makanan penutup atau dessert dan juga camilan. Ada yang dibuat manis ada pula yang dibuat asin. Jadi tidak heran kalau buah pisang disukai banyak orang. 

Selain enak dimakan, buah pisang juga kaya akan manfaat layaknya buah-buahan yang lain. Penasaran manfaat apa saja yang ditawarkan oleh buah pisang? Dikutip dari healthline, ini dia 5 manfaat dari buah pisang yang harus kamu ketahui. Yuk simak!

Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika kamu sedang merencanakan program penurunan berat badan dengan diet tertentu maka buah pisang sudah seharusnya masuk dalam list dietmu. Bukan tanpa sebab, pisang sendiri mengandung beberapa kalori namun kaya akan serat. Serat dalam pisang ini membantu kamu merasa kenyang lebih lama dan pisang yang belum sepenuhnya makan juga bisa menekan nafsu makan. Kamu bisa makan pisang dengan cara mencampurkannya dengan yogurt Yunani agar dapat melawan rasa lapar lebih baik.

Menu Pendamping Olahraga

Pisang kadang dikenal sebagai makanan para atlet atau buat kamu penyuka olahraga. Ini karena pisang mengandung karbohidrat yang mudah dicerna tubuh serta kandungan kalium dan magnesium nya yang bertindak sebagai elektrolit. Dimana elektrolit sendiri adalah kumpulan mineral penting dalam tubuh yang berguna untuk menjalankan fungsi organ tubuh. Saat berolahraga, tubuh akan kehilangan banyak elektrolit melalui keringat. Dengan mengkonsumsi pisang maka itu akan membantu memasok kembali elektrolit yang dibutuhkan tubuh.

Menyehatkan Organ Pencernaan

Serat pada bahan makanan sudah sering dihubungkan dengan manfaatnya terhadap kesehatan, salah satunya kesehatan pencernaan. Di dalam pisang sendiri terdapat sejenis serat bernama pektin yang sudah terkenal mampu melancarkan jalannya makanan di pencernaan dan mengatasi sembelit. Selain itu juga terdapat serat lain pada pisang yang belum matang yang bertindak sebagai prebiotik di dalam usus.

Mendukung Kesehatan Jantung

Faktanya, hanya sedikit jumlah orang yang mendapat asupan kalium cukup di dalam tubuhnya. Padahal kalium sendiri termasuk mineral yang penting dalam tubuh dan baik untuk kesehatan jantung. Ia dapat mengontrol tekanan darah sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, terdapat magnesium pada pisang yang juga memainkan peran penting dalam kesehatan jantung. Kekurangan magnesium bahkan dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kadar lemak yang tinggi dalam darah. Jadi memperhatikan jumlah magnesium dalam tubuh sangat penting. Sekarang kamu bisa mendapatkan tambahan asupan kalium dan magnesium dalam buah pisang yang kaya akan kandungan tersebut.

Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Sekali lagi bahwa kalium memegang peran penting bagi kesehatan organ tubuh, termasuk ginjal. Kalium sangat penting untuk memberikan fungsi ginjal yang sehat dan baik. Sebab pisang adalah sumber kalium yang bagus, maka pisang bisa sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal kamu. 

Nah itu dia 5 manfaat yang bisa didapatkan dari buah pisang. Sangat menyehatkan bukan? Selamat berkreasi dengan buah pisang dan peroleh manfaatnya.

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading