Sukses

Health

5 Tips Sederhana Agar Tidur Makin Nyenyak dan Berkualitas

Fimela.com, Jakarta Kualitas tidur yang baik meski waktu tidur sedikit, masih lebih baik dibandingkan waktu tidur yang panjang namun kualitas tidur buruk atau sering terbangun, panik dan cemas saat tidur. Dengan memiliki kualitas tidur yang baik, seseorang akan lebih sehat secara fisik pun psikis Seseorang juga memungkinkan merasa bahagia, nyaman dan bugar setiap kali bangun tidur di pagi hari. 

Mengutip dari laman healthline.com, ada beberapa tips untuk dapatkan tidur yang lebih nyenyak serta berkualitas. Tips tersebut antara lain sebagai berikut:

Miliki Jadwal Tidur yang Rutin

Tips pertama adalah miliki jadwal tidur yang rutin. Pastikan utnuk mengatur jadwal tidur sebaik mungkin. Tidur dan bangun di waktu yang sama atau rutin setiap harinya akan membuat kualitas tidur semakin baik. Ini juga memungkinkan kamu terbangun dalam suasana hati yang lebih bahagia, nyaman dan tenang.

Batasi Konsumsi Kafein

Pastikan untuk membatasi konsumsi kafein apalagi di malam hari. Kafein memiliki efek membuatmu susah tidur. Baik kafein yang terkandung dalam kopi atau teh, keduanya memiliki dampak yang kurang baik untuk kesehatan terutama buat kamu yang memiliki masalah dengan kualitas tidur.

Kurangi Paparan Cahaya

Usahakan untuk mengurangi paparan cahaya terutama cahaya blue light dari alat elektronik dan gadget di rumah. Cahaya ini memiliki efek yang buruk buat kesehatan termasuk mengganggu jam tidur. Usahakan untuk rehat dari handphone, tablet, televisi atau laptop setidaknya satu sampai dua jam setiap sebelum tidur. 

Konsumsi Makanan yang Bikin Tidur Makin Nyenyak

Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang bersifat menenangkan perasaan dan bikin tidur makin nyenyak. Namun ingat, hindari konsumsi makanan berlebih sebelum tidur. Batasi asupan makanan setiap kali hendak tidur. Tidur dalam keadaan perut kenyang bisa memiliki beragam efek buruk buat kesehatan termasuk mengganggu kualitas tidur.

Miliki Lingkungan Tidur yang Nyaman

Usahakan untuk memiliki lingkungan tidur yang nyaman. Miliki tempat tidur yang bersih, rapi dan nyaman. Pastikan juga agar lingkungan tempat tidur tidak terlalu berisik atau mengganggu kenyamananmu saat tidur. Lingkungan tidur yang nyaman berperan penting dalam memberikan kualitas tidur yang baik ke setiap orang. 

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Tips ini juga memungkinkan kamu memiliki tidur yang nyenyak meski waktu tidurmu cukup singkat. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading