Sukses

Health

7 Penyebab Berat Badan Naik Drastis yang Berbahaya untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Berat badan naik drastis harus segera disadari. Karena kondisi ini bisa menyebabkan kesehatan menurun dan tubuh menjadi obesitas. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kebiasaan yang jarang kita sadari.

Berat badan yang naik drastis akan membuat seseorang terkejut dan merasa tidak percaya diri. Orang yang memiliki berat badan berlebih akan kesulitan melakukan aktivitas dan tidak nyaman. Sehingga hal ini harus segera diatasi.

Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap penyakit diabetes. Sahabat Fimela bisa berkonsultasi pada dokter jika mengalami hal ini. Berikut penyebab berat badan naik drastis yang berbahaya untuk kesehatan:

Penyebab Berat Badan Naik Drastis

1. Kurang Olahraga

Penyebab berat badan naik drastis yang pertama adalah kurang olahraga. Olahraga sangat wajib dilakukan secara rutin, untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Lakukan olahraga sedang setiap hari, seperti berjalan kaki, jogging atau bersepeda.

2. Kurang Minum Air Putih

Seseorang yang kekurangan air putih di dalam tubuh, akan menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi dan perut mudah lapar. Karena tubuh tidak bisa mengartikan rasa haus, melainkan hanya bisa memberikan sinyal lapar kepada otak, sehingga keinginan untuk makan menjadi meningkat. Kurang air minum ini akan membuat berat badan naik drastis.

3. Kurang Serat

Tubuh yang kekurangan serat dapat mengalami berat badan naik drastis. Tubuh yang kekurangan serat, bisa menyebabkan sembelit dan masalah pada usus besar, sehingga perut terlihat buncit dan berat badan naik. Perbanyak serat saat mengonsumsi makan pagi dan siang.

Penyebab Berat Badan Naik Drastis

4. Sering Mengonsumsi Camilan

Camilan adalah makanan ringan yang sangat nikmat untuk dikonsumsi setiap hari. Namun camilan yang manis memiliki kandungan gula tambahan, yang bisa meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh, dan bisa membuat tubuh merasa lapar terus menerus. Hindari terlalu sering mengonsumsi camilan agar berat badan tidak naik.

5. Tidak Pernah Sarapan

Sarapan itu sangat penting, untuk menjaga berat badan tetap ideal. Tubuh membutuhkan energi untuk beraktivitas seharian. Makan secara teratur akan membuat tubuh lebih kuat menahan lapar, dan membuat sistem pencernaan bekerja lebih baik.

Penyebab Berat Badan Naik Drastis

6. Kurang Tidur

Kurang tidur bisa membuat berat badan menjadi naik drastis. Karena orang yang kurang tidur, memiliki metabolisme tubuh yang rendah. Orang yang kurang tidur akan sering mengonsumsi makanan hingga larut malam, sehingga membuat metabolisme tubuh menurun dan sistem pencernaan susah mencerna makanan.

7. Mengonsumsi Alkohol

Terakhir, berat badan naik drastis bisa disebabkan karena sering mengonsumsi alkohol. Alkohol adalah minuman keras yang sebaiknya dihindari. Minuman ini juga bisa menyebabkan diabetes, kehilangan kesadaran dan merusak organ vital di dalam tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading