Sukses

Food

6 Ide Sarapan untuk Menurunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Memulai hari dengan sarapan sehat dapat membantu menambah energi, memberi nutrisi penting untuk tubuh, dan menurunkan berat badan. Dilansir dari Eating Well, penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan secara teratur cenderung lebih ramping dan berhasil menurunkan berat badan atau mempertahankannya.

Untuk membuat sarapan yang sehat, perlu menyeimbangkan konsumsi karbohidrat, protein, serat dan lemak sehat. Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat sarapan untuk membantu menurunkan berat badan, yuk coba untuk menu sarapan!

1. Yogurt

Berdasarkan Journal of Medicine yogurt merupakan salah satu makanan yang mampu membantu penurunan berat badan. Protein whey yang terdapat pada yogurt dapat mengenyangkan dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat. Tambahkan potongan buah segar pada yogurt agar sarapan lebih nikmat.

Tips : Pilih yogurt dengan rasa tawar.

2. Telur

Satu telur berukuran besar memiliki 6 gram protein dan 72 kalori. Dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak, protein mampu membuat kenyang lebih lama. Rasa kenyang setelah mengonsumsi telur membantumu untuk tidak makan terus-menerus setelah sarapan dan membantu mengatur pola makan demi menurunkan berat badan. Nutrisi sehat seperti kalsium dan antioksidan pada kuning telur juga baik untuk tubuh.

3. Anggur

Anggur yang rendah kalori dan kaya akan kandungan air dan serat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Dilansir dari healthline, studi pada 91 orang dewasa yang obesitas menunjukkan bahwa mengonsumsi anggur sebelum makan berat menghasilkan penurunan berat badan yang signifikan. Untuk ide menu sarapanmu, anggur dapat dicampurkan pada smoothie atau salad buah.

4. Teh Hijau

Kebanyakan pil diet atau suplemen pembakar lemak memiliki teh hijau sebagai salah satu bahannya. Hal ini karena teh hijau dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak hingga 17% hanya dalam waktu 30 menit.

5. Oatmeal

Saat memulai program diet, tak sedikit orang memilih oatmeal sebagai ide menu makanan. Oat atau gandum yang rendah kalori tetapi tinggi serat dan protein berfungsi dalam pengendalian berat badan. Gandum adalah sumber beta-glukan yaitu sejenis serat yang terbukti memengaruhi fungsi kekebalan tubuh hingga kesehatan jantung. Selain itu pada gandum terdapat dua nutrisi yang mampu menurunkan nafsu makan.

6. Kacang

Kacang dikemas dengan protein dan serat yang membantumu tetap kenyang dalam waktu cukup lama dan menurunkan berat badan. Kacang atau olahan kacang seperti selai kacang mengandung lemak, protein, dan serat yang sehat untuk tubuh. Gunakan selai kacang pada roti gandum atau tambahkan selai kacang pada oatmeal untuk ide sarapanmu.

Memulai hari dengan menu makanan yang tepat memberi hasil signifikan pada program dietmu. Perlu diingat untuk menurunkan berat badan tidak hanya bergantung pada sarapan sehat, mengonsumsi makanan bergizi sepanjang hari juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Loading