Sukses

Health

7 Penyebab Kaki Kram Saat Bangun Tidur yang Mungkin Terjadi di Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar waktu akan sering kita habiskan untuk berjalan dan menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang mendasarinya seperti kaki terasa sangat pegal bahkan kram. Kram kaki yang dialami dimalam hari terkadang dapat berkaitan dengan masalah kelelahan otot dan masalah saraf.

Selain itu risiko dari mengalami kram kaki di malam hari adalah meningkatkan atau bertambahnya usia, perempuan yang sedang hamil biasanya akan memiliki dan mengalami kram kaki di malam hari dan lebih sering. Kram kaki yang terjadi di malam hari terkadang dapat mereda dengan sendirinya meskipun beberapa membutuhkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Ada banyak penyebab kram kaki di malam hari yang mungkin kamu rasakan dan membuatmu tidak nyaman. Pereganan yang sederhana di lakukan di malam hari dapat meredakan otot yang kram, berikut beberapa penyebab kaki kram saat bangun tidur yang sering bikin penasaran:

1. Tidak Cukup Melakukan Peregangan

Gaya hidup yang jarang membuat kita untuk bergerak atau mungkin menghabiskan waktu lebih banyak di depan laptop maupun layar akan mengurangi panjang dan kelenturan otot maupun tendon, hal ini tentu dapat menyebabkan seseorang mengalami kram di malam hari. Tak hanya terlalu sering berjalan ternyata tidak cukup melakukan peregangan juga dapat menjadi salah satu penyebab utama kram di malam hari.

2. Dehidrasi

Dehidrasi dapat memperburuk kesehatan tubuh, karena tubuh membutuhkan cairan yang cukup untuk memberikan tenaga dan nutrisi. Musim panas dan kekurangan cairan terkadang dapat berpengaruh pada perkembangan otot dan membuatnya kram di malam hari. Dehidrasi sendiri juga dapat meningkatkan ketidakseimbangan elektrolit dalam darah dan menjadi salah satu pemicu kram.

3. Latihan yang Berat atau Sulit

Olahraga yang terlalu berat atau lama terkadang dikaitkan dengan kram otot di malam hari, kelebihan berat badan dan kelelahan juga dapat menyebabkan kram otot dan membuatnya terlalu keras. Meskipun saat berolahraga tubuh tetap terhidrasi tetapi dengan melakukan peregangan yang ringan dapat membuat tubuh mengatasi kram otot.

4. Kekurangan Nutrisi

Ketidakseimbangan nutrisi dalam tubuh seperti kalsium, magnesium, dan kalium ternyata dapat berperan penting pada kram yang mungkin dialami oleh seseorang. Elektrolit satu ini sendiri ternyata dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam darah dan oto sehingga dapat menyebabkan kram.

5. Berdiri Sepanjang Hari

Pernahkah kamu melakukan pekerjaan yang mengharuskanmu untuk berdiri di sepanjang hari? seseorang yang menghabiskan banyak waktu lebih sering untuk berdiri ternyata dapat menyebabkan kram di malam hari. Saat berdiri dan tidak bergerak sama sekali, akan membuat darah dan air cenderung menggenang di tubuh bagian bawah dan menyebabkan ketidakseimbangan cairan serta pemendekan otot dan tendon yang menyebabkan kram.

6. Obat-Obatan

Beberapa oabt-obatan yang dikonsumsi terkadang dapat memberikan efek samping yang berbeda, salah satu efek samping dari beberapa obat yang mungkin kamu konsumsi adalah menyebabkan kram yang lebih sering di malam hari. Selain itu kemungkinan beberapa obat memiliki efek stimulasi yang menyebabkan kram.

7. Kehamilan

Kehamilan sering dikaitkan dengan kram kaki di malam hari dan jauh lebih sering terjadi dari masa sebelum kehamilan, mungkin hal ini dapat terjadi karena penambahan berat badan serta sirkulasi yang terganggu. Selain itu juga tekanan janin yang tumbuh pada pembuluh darah dan sarag akan menyebabkan kram.

Jika kamu pernah mengalami kram di malam hari tentu akan menyakitkan dan membuat tidak nyaman, untungnya masalah satu ini bukan hal yang serius. Melakukan peregangan otot betis sendiri sebelum tidur ternyata dapat membantu mencegah kram kaki di malam hari yang mungkin terjadi.

Loading