Sukses

Health

5 Cara Mudah Merawat Rambut Berhijab

Fimela.com, Jakarta Meskipun hijab melindungi dari berbagai paparan polusi dan panas. Rambut tetap harus dirawat agar kesehatannya terjaga. Apalagi menggunakan hijab rentan berkeringat dan membuat produksi sebum berlebih. Tentunya bakteri berpeluang lebih banyak dan kuman menumpuk.

Nah, pada artikel kali ini kami akan memaparkan berbagai cara untuk merawat rambut berhijab. Simak artikel ini sampai akhir ya.

Biasakan menyisir rambut sebelum keramas

Sebaiknya kamu membiasakan menyisir rambut terlebih dahulu sebelum keramas. Kamu juga direkomendasikan menggunakan sisir bergigi jarang dan lebar untuk meluruskan rambut tanpa memberi rasa sakit.

Mungkin ini terdengar sangat sepele. Tapi langkah ini penting untuk meregangkan rambut setelah ditekan oleh sanggulan saat menggunakan hijab. Rutin menyisir rambut sebelum keramas juga mencegah rambut rontok. Menurut kesehatan, hal ini juga dapat membantu merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala dan membantu menumbuhkan rambut.

Pakai sampo yang tepat

Tidak semua tapi kebanyakan wanita berhijab memiliki rambut berminyak dan lembab. Oleh karena itu, pastikan memilih sampo dan kondisioner yang tepat. Misalnya yang berbahan ringan, terutama bagi yang memiliki kulit kepala sensitif.

Hindari menggunakan produk dengan bahan kandungan yang keras karena dapat merusak kulit kepala. Selain itu, terlalu sering keramas juga tidak baik karena dapat mengurangi minyak di kulit kepala. Tentunya akan membuat kulit kepala kering dan memicu timbulnya gata-gatal.

Lepas hijab ketika di rumah

Saat kamu merasa aman dan nyaman, lepaslah hijab ketika di rumah. Lepaskan juga ikatan pada rambut dan biarkan rambut terkena angin dan beristirahat. Hal ini bisa memberikan udara bagi rambut dan membuat rambut tidak mudah lepek.

Jangan pakai hijab dengan kondisi rambut basah

Jangan biasakan menggunakan hijab saat rambut masih basah. Pasalnya, hal ini bisa membuat rambut terlalu lembab dan menjadikannya sarang jamur. Selain itu, jangan mengikat rambut ketika masih basah karena bisa memicu ketombe.

Bila memang sangat mendesak, kamu bisa menggunakan pengering rambut setiap kali selesai keramas. Atur suhu sedang atau rendah untuk mengurangi rambut risiko rambut rusak.

Potong rambut secara rutin

Memotong rambut secara rutin adalah solusi untuk mengatasi ujung rambut yang kering dan bercabang. Meski tidak ada yang akan melihatnya karena menggunakan hijab. Hal ini demi kesehatan rambut.

Kamu mungkin bisa memotong selama sebulan sekali atau beberapa bulan sekali. Itu menyesuaikan keinginanmu. Demikianlah tips mudah merawat rambut untuk wanita berhijab. Semoga bermanfaat!

 

Penulis: Nur Faizah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading