Sukses

Health

10 Manfaat Akupuntur yang Harus Diketahui

Fimela.com, Jakarta Pengobatan alternatif seringkali dipercaya mengobati berbagai penyakit selama ribuan tahun, salah satunya adalah akupuntur. Pengobatan akupuntur merupakan salah satu pengobatan tradisional Tiongkok yang dipercaya dapat mengobati banyak penyakit melalui titik-titip tertentu di tubuh.

Dilansir dari medicalnewstoday.com akupuntur merupakan terapi dengan memasukkan jarum yang tipis ke dalam tubuh. Adapun area tubuh yang ditusuk jarum berbeda-beda tergantung jenis penyakit yang dialami. 

Akupuntur dapat membantu meredakan nyeri dan mengatasi berbagai keluhan dan penyakit lainnya. Namun, belum diketahui secara jelas bagaimana pengobatan alternatif ini dapat bekerja membantu meredakan berbagai penyakit yang dialami oleh paseinnya.

Dilansir dari pacificcollage.edu berikut 10 manfaat akupuntur yang harus diketahui, antara lain:

1. Mengurangi stres

Salah satu manfaat dari akupuntur adalah mengurangi stres, dengan melakukan akupuntur dapat mengembalikan keseimbangan energi dari syaraf yang dapat menurunkan reaksi stres tubuh. Tak hanya itu, berdasarkan sebuah penelitian diketahui bahwa akupuntur dapat menurunkan kadar hormon stres dan meningkatkan suasana hati untuk mengurangi perasaan cemas dan meningkatkan rasa bahagia.

2. Mengurangi nyeri punggung dan sendi

Teknik yang dilakukan pada akupuntur dapat mengurangi ketegangan pada punggung, leher, dan dapat meredakan nyeri pada persendian. 

3. Meredakan sakit kepala

Terkadang beberapa orang pernah mengalami sakit kepala kronis dan migrain, pengobatan akupuntur dapat mengurangi penyakit ini. Beberapa penelitian dari National Institutes of Health mengungkapkan bahwa pengobatan akupuntur efektif mengurangi parahnya sakit kepala, bahkan dianggap efektif daripada obat pereda nyeri.

4. Meningkatkan kesehatan mata

Ketegangan mata adalah keluhan umum di dunia modern dengan ketergantungan yang tinggi pada layar komputer dan ponsel. Akupunktur mengurangi ketegangan mata dan juga dapat membantu meningkatkan penglihatan bagi orang yang menghadapi masalah seperti rabun senja.

5. Meningkatkan kesehatan mental

Burnout sering terjadi dikala stres dan kekhawatiran yang berlebihan, sehingga membuat seseorang mental kurang sehat. Dengan melakukan akupuntur dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental tanpa disadari.

6. Mengurangi gejala gangguan neurologis

Penyakit saraf seperti Alzheimer dan Parkison merupakan penyakit yang dapat diobati melalui pengobatan akupuntur. Berdasarkan sebuah studi klinis diketahui bahwa peningkatan dalam motorik pasien dan berbagai gejala gangguan neurologis lainnya.

7. Atasi masalah pencernaan

Masalah pencernaan sepeti sembelit, mules, dan iritasi usus merupakan masalah yang umum terjadi di masyarakat modern. Saat pencernaan tidak berfungsi dengan baik, kesehatan tubuh dapat rusak secara tidak langsung. Oleh karena itu, dengan melakukan pengobatan akupuntur dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan meredakan berbagai penyakit.

8. Memberikan kualitas tidur yang baik

Saat beraktivitas seharian dapat memberikan rasa lelah bagi tubuh, sehingga memberikan kualitas tidur yang kurang baik. Oleh karena itu, dengan melakukan akupuntur dapat memngurangi rasa lelah dan memberikan kualitas tidur yang baik bagi Sahabat Fimela. 

Akupunktur sendiri telah diuji coba dan bermanfaat bagi mereka yang mengalami insomnia, hasil yang ditunjukkan akupuntur lebih memiliki pengaruh besar jika dibandingkan dengan obat tidur.

9. Mengontrol tekanan darah

Penyakit tekanan darah merupakan penyakit yang sering terjadi di masyarakat saat ini, terutama bagi para pekerja kantoran yang biasanya memiliki tingkat stres dan obesitas yang tinggi. 

Perawatan akupunktur secara teratur dikombinasikan dengan perawatan medis untuk sistem kardiovaskular dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah. Praktik ini membantu mendukung fungsi jantung dan aliran darah yang tepat, dan lebih efektif daripada pengobatan dalam mengendalikan tekanan darah.

10. Meningkatkan kesuburan

Bagi para pasangan yang ingin memiliki anak dapat mencoba teknik akupuntur untuk meningkatkan kesuburan. Akupuntur dapat mengoptimalkan produksi hormon reproduksi yang dapat mendukung kehamilan bagi seorang wanita.

 

*Penulis: Angela Marici.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading