Sukses

Health

Arti dari Setiap Warna Darah Menstruasi dan Hubungannya dengan Kondisi Kesehatanmu

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa darah menstruasi terkadang berwarna merah yang berbeda-beda? Sebenarnya ini adalah hal yang sangat umum dan ada penjelasan sederhana untuk hal ini.

Dilansir dari glamourmagazine.co.uk, berikut ini adalah arti dari setiap warna darah menstruasi dan hubungannya dengan kondisi kesehatan. Penasaran?

1. Merah terang

Warna merah terang atau cranberry yang cerah adalah tanda darah dan cairan menstruasi mengalir sebagaimana mestinya dari rahim. Warna merah cerah menunjukkan kesegaran dan darah mengalir melalui vagina dengan cepat, setelah keluar dari lapisan rahim. Perlu dicatat bahwa jika kamu mengalami pendarahan melalui pembalut yang parah dalam waktu satu jam atau sering mengeluarkan gumpalan darah besar, sebaiknya periksakan.

2. Merah gelap

Ini mungkin warna yang sering kita lihat menjelang akhir periode. Warna merah yang lebih gelap berarti darah menstruasi yang lebih tua dari bagian lapisan rahim yang lebih dalam yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dikeluarkan.

 

3. Cokelat

Ada beberapa penyebab cairan menstruasi berwarna cokelat. Inilah yang mungkin kita lihat saat menstruasi belum dimulai atau akhir dari periode, darah lama yang telah terpapar oksigen dan berubah warna menjadi cokelat. Jika kamu mengalami dua hari atau lebih bercak cokelat sebelum menstruasi, ini juga bisa menjadi tanda progesteron rendah.

4. Merah muda

Cairan menstruasi berwarna merah muda bisa mengindikasikan beberapa hal berbeda. Pertama, warna ini sangat umum dengan periode yang sangat singkat dan sangat ringan. Warna merah muda juga bisa menjadi indikator kadar estrogen yang rendah.

Menstruasi dan siklusnya adalah salah satu dari lima tanda vital, di samping tekanan darah, detak jantung, laju pernapasan, dan suhu tubuh, yang berarti ini juga adalah barometer untuk kesehatan secara umum. Umumnya, darah menstruasi bisa datang dalam berbagai corak dan biasanya tidak berarti apa-apa secara khusus.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading