Sukses

Health

5 Cara Nyaman agar Tubuh Tidak Lemas saat Haid

Fimela.com, Jakarta Ketika sedang haid, perubahan hormon dan menurunnya zat besi dalam tubuh bisa membuat kita merasa gampang capek. Tubuh pun jadi gampang lemas. Beraktivitas pun jadi terasa makin berat.

Agar tubuh tidak gampang lemas saat haid, ada sejumlah hal yang bisa dicoba. Seperti lima cara berikut ini. Mulai dari mencukupi kebutuhan cairan tubuh hingga mengonsumsi makanan yang tepat. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Memperbanyak Konsumsi Buah dan Sayur Sehat

Perbanyak sayur dan buah. Dengan begitu gula darah bisa stabil dan produksi kortisol dalam tubuh tidak lagi berlebihan. Selain itu, kurangi makanan berkadar sodium tinggi. Konsumsi garam berlebih juga dikhawatirkan akan menyebabkan perut kembung dan retensi cairan yang bisa membuatmu makin tak nyaman.

2. Luangkan Waktu Tidur yang Cukup

Tidur yang berkualitas, cukup, dan nyenyak perlu didapatkan selama haid. Hindari begadang agar bisa tidur lebih awal dan bangun pagi dengan badan yang terasa lebih segar. Kalau nyeri haid agak mengganggu, bisa coba kompres hangat sebelum tidur di area perut supaya bisa lebih nyaman. 

3. Cukupi Kebutuhan Zat Besi Tubuh

Banyak perempuan yang mengalami letargi dan keletihan saat haid karena kekurangan zat besi. Untuk itu, penting mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi agar tubuh tidak gampang capek saat haid. Sayuran hijau atau daging merah bisa jadi pilihan untuk dikonsumsi demi mencukupi kebutuhan zat besi tubuh.

4. Lakukan Olahraga Ringan

Sekadar stretching atau peregangan otot ringan bisa bantu merilekskan otot-otot tubuh. Berolahraga ringan seperti melakukan gerakan yoga sederhana bisa membuat tubuh lebih nyaman saat sedang haid. Berolahraga yoga juga diyakini bisa bantu mengurangi sakit nyeri haid dan gejala emosi yang berkaitan dengan haid. Menggerakkan tubuh bisa membuat kita beraktivitas dengan lebih  nyaman juga.

5. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Mengutip laman sheknows.com, menurut dr. Anna Cabeca, hormon seperti estrogen dan progesteron meningkat saat sedang haid. Sehingga cairan dan sodium dalam tubuh meningkat sebanyak sekitar 5-10 pon. Air putih bisa cukup efektif bantu atasi perut kembung bila diminum dalam kadar yang cukup. Hindari minuman beralkohol serta batasi minuman berpemanis dan berkafein agar haid bisa lebih nyaman.

Itu tadi lima hal yang bisa dicoba untuk bantu redakan rasa tidak nyaman selama haid. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading